Mira Lesmana: Sinema di Indonesia Harus Merayakan Keragaman

Agustinus Shindu Alpito    •    28 September 2016 11:25 WIB
mira lesmana
Mira Lesmana: Sinema di Indonesia Harus Merayakan Keragaman
(Foto: Dok.MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun 2016 menjadi tahun yang manis jika dilihat dari gejolak penonton film Indonesia. Setidaknya ada 5 film Indonesia yang rilis pada tahun ini tiketnya terjual lebih dari 1,8 juta.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang belum lama ini dirilis bahkan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan menembus angka 5 juta penjualan tiket.

Menurut produser Mira Lesmana, ada hal yang lebih penting dari sekadar kesuksesan film secara komersial.

"Yang lebih penting adalah cerita yang akan disampaikan, bukan cuma messages tetapi juga sinema itu sendiri. Jika bicara sinema Indonesia, harus membawa wajah Indonesia dengan persoalan-persoalan yang ada. Apakah itu bentuk pop atau tidak, itu tidak masalah. Tetapi itu jadi potret wajah kita. Kita plural, beragam, keberagaman itu harus dirayakan di sinema Indonesia. Itu sebabnya kami senang bikin film mengangkat berbagai daerah, jadi tidak terpaku di satu tempat," kata Mira kepada Metrotvnews.com, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

(Baca: AADC 2 dan Ancaman Blokir Dian Sastro)

Mira menilai jika para sineas cenderung terpacu pada satu genre film yang meledak, akan memberi dampak buruk bagi sinema Indonesia.

"Karena kami percaya setiap penonton diberi pilihan. Film Athirah adalah film pilihan. Bahaya jika melihat satu film berhasil lalu semua film ke arah situ dan film Indonesia seragam."

Miles Films, rumah produksi tempat Mira bekerja memang dikenal peka terhadap ragam isu dari berbagai daerah di Indonesia.

Contohnya, film Laskar Pelangi yang menggambarkan kehidupan masyarakat di Bangka Belitung, dan film Sokola Rimba yang mengangkat kisah pengajar (Butet Manurung) yang mendedikasikan hidupnya untuk mengajar masayarakat suku anak dalam di Jambi.


Lihat Video: Masa Depan Animasi Indonesia





(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA