Komikus Ardian Syaf Garap Komik Mandala

Purba Wirastama    •    07 Agustus 2017 10:27 WIB
kultur
Komikus Ardian Syaf Garap Komik Mandala
Ardian Syaf dan karakter Mandala (Foto: Metrotvnews.com/Purba Wirastama)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ardian Syaf, komikus eks Marvel Comics, kini sedang mengerjakan proyek komik bersama studio Bumi Langit. Dia menjadi ilustrator untuk komik Mandala  seri terbaru dan berkolaborasi dengan Alfi Zachkyelle sebagai penulis cerita.

Komik ini diberi judul Mandala Siluman Sungai Ular. Cerita berangkat dari seri komik Mandala  berjudul sama versi sebelumnya garapan kreator asli Mansyur Daman alias Man, tetapi dengan pendekatan terkini. Aspek visual juga menggunakan lebih banyak warna, tidak hanya hitam putih.

"(Komik yang) dulu sangat sederhana. (Karakter Mandala) cuma telanjang dada, pakai celana dan sandal. Sekarang, selain lebih kekinian, Pak Man (Mansyur Daman) sebagai kreator asli tetap saling berkomunikasi memberi masukan," kata Ardian saat ditemui di Popcon Asia 2017, Jakarta Convention Centre, Minggu (6/8/2017).

Karakter Mandala diciptakan oleh Man, komikus senior kelahiran 1946. Man telah membuat sedikitnya 14 seri komik Mandala, seperti Golok Setan, Siluman Ular Sungai (versi pertama), dan Titisan Dewa Petir. Kisah Golok Setan pernah diadaptasi ke film panjang (1984) oleh Rapi Films dengan sutradara Ratno Timoer dan bintang utama Barry Prima.

Menurut catatan situs resmi Bumi Langit, Man pernah berkolaborasi mengerjakan Mandala seri Taring Andalas bersama mendiang Jan Mintaraga, mendiang Harya Suraminata, Banuarli Ambardi, Wim Berlinawan, serta Fajar Sungging Pramudito. Sebelum diterbitkan sebagai buku komik utuh, seri ini terlebih dulu dimuat sebagai komik strip di suplemen harian Kompas.

Siluman Sungai Ular  versi Ardian dan Alfi masih dalam tahap pengerjaan. Rencananya, komik akan dirilis sekitar akhir 2017. Karakter Mandala dan sejumlah karakter lain, seperti Gundala, Si Buta, dan Sri Asih, memang sedang digarap ulang dengan pendekatan baru oleh studio dengan nama proyek Bumi Langit [R]evolusi.

Iwan Nazif, manajer kreatif Bumi Langit, menyebut bahwa komik Mandala  serta Si Buta dari Gua Hantu termasuk komik paling populer.

"Selain Mandala, Si Buta (dari Gua Hantu)  itu komik paling sukses jaman dulu. Pernah dibikin film. Tapi Mandala itu kreatornya masih ada, Pak Man, yang menjaga rohnya biar sama kayak dulu. Tapi gaya sudah kekinian, alur cerita juga. Nantikan saja hasilnya," ujar Iwan.

Untuk proyek ini, Ardian tetap mengerjakan komik di kediaman dia di Tulungagung, Jawa Timur. Setelah putus kontrak dengan Marvel Comics pada April 2017 lalu karena konflik penyematan referensi visual, Ardian lebih memilih mengerjakan komik di industri lokal, kendati sempat mendapat tawaran dari studio di negara lain.

"Tawaran (mengerjakan komik dari luar negeri) memang ada. Tapi mungkin sudah waktunya bagi saya untuk jalan ke yang lain," tukas Ardian.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

1 day Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA