Sineas Apresiasi Ide Membuat Ulang Film Sejarah

   •    20 September 2017 16:18 WIB
peringatan g 30 s pki
Sineas Apresiasi Ide Membuat Ulang Film Sejarah
Presiden Joko Widodo mengunjungi Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. (Foto: ANTARA/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sineas Jajang C Noer mengaku senang dengan ide Presiden Jokowi yang menghendaki agar film-film lama tentang sejarah Indonesia, salah satunya film G30S/PKI, dibuat ulang dalam bentuk yang lebih modern.

Istri dari sutradara film G30S/PKI Arifin C Noer ini menyebut usulan Jokowi adalah ide cemerlang yang memang patut mendapatkan perhatian para sineas Indonesia.

"Senang sekali memang harus begitu, harus diperbarui, dibikin baru sama sekali. Saya senang ini ide yang cemerlang," ungkap Jajang dalam Metro Siang, Rabu 20 September 2017.

Baca juga: Film G30S/PKI dan Pembaruan ala Jokowi

Meski senang, Jajang mengatakan bahwa pembuatan ulang film sejarah khususnya tentang pemberontakan dan pengkhianatan PKI pada 1965 itu tidak bisa dibuat begitu saja. Sineas tetap harus melakukan riset lagi untuk menambah data dan fakta yang sudah ada.

Apalagi, setelah reformasi, ada beberapa data yang belakangan muncul dan diungkap. Termasuk yang dimiliki Badan Intelijen Pusat (CIA) di Amerika Serikat yang dapat memperkaya konten.

"Dan karena ini penting jangan sampai detail-detail itu diabaikan. Aktingnya pun harus benar enggak bisa sambil lalu karena kalau aktingnya asal enggak akan sampai ke penontonnya," jelas Jajang.




(MEL)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

1 day Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA