Tata Rias Terbaik akan Dimasukkan ke Festival Film Indonesia 2017

Purba Wirastama    •    22 Agustus 2017 16:15 WIB
ffi (festival film indonesia)
Tata Rias Terbaik akan Dimasukkan ke Festival Film Indonesia 2017
Riri Riza (Foto: metrotvnews/purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang tahunan Festival Film Indonesia atau Piala Citra ke-37 akan diadakan di penghujung tahun 2017. Menurut Riri Riza, Ketua Bidang Penjurian FFI 2017, mereka telah merencanakan satu kategori penghargaan baru untuk gelaran tahun ini, yaitu tata rias terbaik.

"Tahun ini kami akan coba upayakan untuk (membuat kategori) tata rias atau make up terbaik. Karena ini adalah sesuatu, yang dalam pengamatan banyak sekali sineas, sudah cukup punya pencapaian, cukup bisa dijadikan sebagai profesi yang dijalankan dengan baik," kata Riri dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jika penambahan ini terjadi, FFI 2017 akan memiliki total 23 kategori penghargaan, termasuk Lifetime Achievement Awards. 18 kategori khusus untuk film panjang bioskop, dua untuk film dokumenter, satu untuk film pendek, dan satu untuk film animasi.

Sebelumnya dalam FFI 2016, panitia memasukkan Lagu Tema Film Terbaik sebagai kategori baru, serta meniadakan kategori Film Televisi Terbaik, yang telah diperhitungkan di festival sejak 2011.

Riri bercerita bahwa sebagai pembuat film, dia telah bekerja dengan penata rias yang cukup profesional sejak 2003. Sejumlah rekan ini masih aktif menggeluti profesi tersebut hingga sekarang dan juga masih sering bekerjasama. Karena itu, Riri merasa bahwa profesi penata rias juga perlu mendapat apresiasi tertentu dari festival.

"Mereka datang dari sekolah teater dan sekolah drama. Ada yang datang dari pengalaman menapak karier sejak awal," ujar Riri.

Festival Film Indonesia telah diadakan sejak 1955 dan sempat mengalami vakum selama beberapa periode. Tahun ini, acara puncak festival akan diadakan untuk pertama kali di Manado pada 11 November 2017.

Leni Lolang, Ketua Bidang Festival Dalam Negeri & Penghargaan di Badan Perfilman Indonesia (BPI), bertindak sebagai Ketua Pelaksana FFI 2017. Cathy Sharon bertanggung jawab untuk urusan sponsorhip dan kehumasan. Reza Rahadian menjadi juru bicara.

Tahap seleksi film dan para peraih nominasi berlangsung pada 21 Agustus – 25 September 2017. Proses ini akan melibatkan lebih banyak asosiasi profesi dan kegiatan terkait perfilman. Anggota dewan juri juga diseleksi hingga akhir awal Oktober. Informasi lengkap mengenai festival sudah tidak dapat diakses di laman pialacitra.com, tetapi di festivalfilm.id.


 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA