Naskah Film Turah Berbahasa Tegal atas Permintaan Aktor

Purba Wirastama    •    20 Agustus 2017 17:34 WIB
film indonesia
Naskah Film Turah Berbahasa Tegal atas Permintaan Aktor
(Foto: Dok. FourColours)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Turah  garapan Wicaksono Wisnu Legowo memiliki dialog yang nyaris semua berbahasa Jawa dialek Tegal. Namun ketika awal dibuat, naskah sebenarnya berbahasa Indonesia dan menyulitkan para aktor utama dalam berakting.

"Aku enggak tahu film apa. Setelah disodori naskah, waduh Bahasa Indonesia. Bingung kan. Aku tidak terbiasa dengan Bahasa Indonesia. Saya lebih fasih dengan bahasa Tegal. Kepriben carane? Ya sudah, piye maneh (bagaimana caranya? ya sudah, mau bagaimana lagi)," kata Slamet Ambari, aktor pemeran tokoh Jadag, dalam diskusi film Turah  di kawasan Menteng beberapa waktu lalu.

Naskah lantas diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dialek Tegal. Penerjemahan berlangsung relatif lama dan melibatkan para aktor, termasuk Slamet dan juga Ubaidilah, pemeran tokoh Turah.

"Kami harus melalui proses panjang menerjemahkan dari (bahasa) Indonesia ke (Jawa versi) Tegal karena Tegal punya banyak sekali bahasa, lebih kaya dari bahasa manapun," ujar Ubai dalam kesempatan sama.

"Untuk mengatakan kebencian pada orang lain, itu banyak jenisnya. Ada kunyuk, bangset, raimu, asu, dan sebagainya. Itu dipilih yang paling pas apa. Misalnya, cocote, dlaweran, banyak sekali. Makanya ketika latihan, kami harus mencari kosakata yang pas untuk mengungkapkan perasaan," lanjut Ubai.

Film Turah  memotret kehidupan di suatu kampung bernama Tirang di Tegal, yang berisi orang-orang kalah dalam persaingan hidup, diliputi rasa pesimis, serta takut terhadap juragan kaya raya bernama Darso (Yono Daryono). Pakel (Rudi Iteng), sarjana penjilat di lingkaran Darso membuat warga semakin bermental kerdil.

Penggalan kisah mereka diceritakan antara lain lewat perspektif dua kawan bernama Jadag dan Turah. Peristiwa-peristiwa yang terjadi mendorong Turah dan Jadag untuk melawan rasa takut yang sudah akut dan meloloskan diri dari narasi penuh kelicikan.

Film ini menjadi debut film panjang Wisnu sebagai penulis sekaligus sutradara. Ifa Isfansyah menjadi produser di bawah bendera Fourcolours Films. Para aktor yang terlibat adalah pemain teater senior Tegal dan pernah bermain di beberapa film pendek, termasuk film pendek Wisnu.

Turah  telah diputar di sejumlah bioskop sejak Rabu 16 Agustus 2017




(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA