Film Debut Soleh Solihun Punya Jadwal Produksi Sangat Singkat

Purba Wirastama    •    03 September 2017 15:32 WIB
film indonesia
Film Debut Soleh Solihun Punya Jadwal Produksi Sangat Singkat
(Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Soleh Solihun bersama Monty Tiwa sedang sibuk mengerjakan proyek film Mau Jadi Apa?, film autobiografi yang mengangkat kisah pengalaman Soleh semasa kuliah. Sebagai karya debut yang sangat personal, proyek ini diakui Soleh memiliki waktu persiapan sangat singkat dan kurang ideal.

"Waktu (yang disediakan rumah produksi) sangat pendek karena saya (mulai) membuat film ini sebelum Lebaran (2017), kira-kira Juni atau Juli. Tahu-tahu ada omongan, 'Oke kita produksi Agustus'. Intinya, saya dikasih waktu sebulan buat menyiapkan," kata Soleh saat dihubungi wartawan lewat telepon, beberapa waktu lalu.

Menurut Soleh, proses pra-produksi berjalan selama dua minggu. Begitu juga dengan jadwal pencarian lokasi syuting. Ditambah diskusi dan pengembangan naskah film, total waktu yang mereka miliki adalah sekitar dua bulan. Syuting dilakukan di Jatinangor dan Bandung selama belasan hari mulai 7 Agustus 2017.

"Sebetulnya itu waktu yang tidak ideal untuk sebuah film. Dengan waktu yang amat sangat mepet, saya harus menyiapkan film saya dengan hasil semaksimal mungkin," ujar Soleh.

Kendati demikian, Soleh tetap menerima tawaran jadwal dari Starvision Plus dan Mizan karena yakin dia bisa berkolaborasi sebagai duo sutradara dengan Monty. Urusan adegan ditangani Soleh dan perkara teknis ditangani Monty. Lagipula, tutur Soleh, dia sudah tahu mana lokasi syuting yang dikehendaki dan apa cerita yang akan ditampilkan di film.

"(Kesulitan utama) memang tinggal persoalan teknis. Akhirnya saya minta bantuan teman-teman untuk bekerja lebih keras lagi dibanding film-film lain yang pernah dikerjakan. Karena tim menyanggupi, ya enggak apa-apa (tetap jalan)."

Keterbatasan ini juga sedikit banyak diimbangi oleh keleluasaan di aspek lain. Soleh bercerita bahwa dia dan Monty memiliki kendali penuh atas proses kreatif.

"Starvision dan Mizan enggak mengekang saya. Kalau kita bicara konteks kebebasan berkreasi, saya dikasih kebebasan hampir 90 persen. Saya dan Monty dapat berkreasi."

Sebelumnya Soleh telah terlibat sebagai aktor pendukung dalam beberapa film garapan Monty, seperti Shy Shy Cat  (2016) dan 3 Dara 2  (2017). Menurut Soleh, dia dan Monty memiliki selera humor dan musik yang sama sehingga lebih nyaman berkolaborasi untuk film komedi.

"Saat diminta jadi sutradara, saya bilang saya enggak mau sendiri. Kalau produser minta saya jadi sutradara, saya harus dibantu Monty karena Monty bisa menerjemahkan (ide saya)," ungkap Soleh.

Film Mau Jadi Apa?  merupakan dramatisasi atas kisah perjalanan Soleh selama belajar Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran Bandung pada 1997-2004. Cerita berfokus ke pengalaman dia dan sejumlah kawan dalam membuat majalah hiburan pertama di kampus tersebut. Tema besarnya adalah pencarian jatidiri sekelompok anak muda yang bingung soal masa depan.

"Intinya tentang pencarian jati diri dan mensyukuri nikmat yang ada," tukas Soleh.

Awalnya, cerita Soleh hendak diterbitkan sebagai buku autobiografi saja. Namun produser film dari grup Mizan tertarik untuk mengadaptasi ke film. Buku dan film pun digarap dalam waktu bersamaan. Buku berisi cerita runtut perjalanan Soleh selama tujuh tahun kuliah. Sementara cerita film fokus pada rangkaian kejadian tahun 1999.

Skenario film ditulis oleh Soleh bersama Agasyah Karim dan Khalid Kasogi. Tokoh Soleh akan diperankan sendiri oleh Soleh. Aktor pendukung yang terlibat antara lain Boris Bokir, Karina Suwandi, Aurellie Mouremans, Anggika Bolsterli, Adjis Doaibu (Abdul Aziz), Andi 'Awwe' Wijaya, dan Ricky Wattimena. Chand Parwez Servia (Starvision) dan Putut Widjanarko (Mizan) bertindak sebagai produser eksekutif.

Film Mau Jadi Apa?  dijadwalkan rilis pada penghujung tahun 2017.
 


(DEV)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

15 hours Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA