20 Film Anak-Anak Lima Tahun Terakhir (Bagian Dua)

Purba Wirastama    •    04 Juli 2018 18:28 WIB
trivia filmfilm anak
20 Film Anak-Anak Lima Tahun Terakhir (Bagian Dua)
Naura dan Genk Juara salah satu film anak yang tayang lima tahun terakhir

Jakarta: Ada dua film anak-anak terbaru yang datang ke bioskop pada musim liburan sekolah tahun ini, yaitu Kulari ke Pantai dan Koki-Koki Cilik. Belakangan kita juga sering dengar, Indonesia darurat film anak karena jumlah film serupa sangat minim.

Berapakah sebenarnya jumlah film dengan tokoh anak untuk penonton semua umur yang pernah beredar di bioskop? Menurut penelusuran Medcom.id berdasarkan data Katalog Film Indonesia, ada sekitar 40-50 judul film cerita panjang dengan kategori tersebut yang dirilis selama 2000-2017. Petualangan Sherina turut menjadi pelopor karena dirilis lebih dulu pada 1999.

Dari 40-an judul itu, 20 di antaranya dirilis dalam lima tahun terakhir. Tidak ada satupun dari film ini yang berhasil menembus rekor box office sejuta penonton atau berada dalam jajaran 10 film laris tahunan. Padahal bisa saja, film-film ini punya potensi untuk dipasarkan lebih kuat.

Apa sajakah film-film tersebut? Berikut daftar judul film beserta tahun rilis, sutradara, dan sinopsis singkat. Artikel bagian kedua ini memuat 10 film terakhir. 10 film sebelumnya telah dimuat di artikel bagian pertama.

20 Film Anak dalam Lima Tahun Terakhir (Bagian Satu)


11. Petualangan Singa Pemberani Atlantos (2016, Lee Croudy)
Film animasi produksi Unilever dan Batavia Pictures ini berpusat pada kisah petualangan karakter singa humanoid bernama Paddle Pop. Film ini menjadi sekuel atas Petualangan Singa Pemberani Magilika (2015) yang juga diproduksi Unilever.

Kerajaan mendapat ancaman baru datang dari perusahaan tambang yang serakah dan mengeruk kekayaan laut tanpa peduli lingkungan. Jenderal Khan penguasa ikan hiu murka dan mengerahkan pasukan untuk menyerbu daratan. Paddle Pop dan kawan-kawannya berusaha mengalahkan Jenderal Khan demi mendamaikan kembali laut dan daratan. Sementara itu, penguin Eska berusaha menghentikan pengeboran dan pencemaran laut.




12. Bombe’ Dua: Dumba’-Dumba’ (Syahrir Arsyad Dini, 2016)
Enam anak dari film Bombe pertama telah bersahabat, tetapi hubungan mereka terancam retak karena dendam lama ayah Yudi terhadap ayah Zaki. Kendati dilarang, Yudi tetap ingin sekolah dan bertemu Zaki. Terjadi kecelakaan dan Yudi koma. Sementara itu, kelompok ayah Yudi bersiap menyerang ayah Zaki. Lalu terjadi gempa di kota Makassar.




13. Aku Ingin Ibu Pulang (2016, Monty Tiwa)
Sartri (Nirina Zubir) mencuri uang di tempat kerja untuk membiayai pengobatan Bagus (Teuku Rifnu Wikana), suaminya yang butuh perawatan khusus karena kecelakaan. Anak mereka, Jempol (Jefan Nathanio) marah kepada sang ibu. Sartri pun pergi dari rumah dan Jempol harus merawat ayahnya sendirian. Suatu ketika, Jempol menang lomba lari dan diundang tampil di televisi. Dia menyatakan ingin ibunya pulang.




14. Petualangan Singa Pemberani Atlantos 2 (2016, Lee Croudy)
Film sekuel ini berkisah tentang penjahat Shadow Master, yang kembali dengan kekuatan Mutiara Laut utuk menenggelamkan dunia. Singa Paddle Pop dan kawan-kawannya harus bertualang ke dalam laut untuk menemukan Magus, singa legendaris yang bisa mengajari kekuatan baru untuk menghentikan kiamat dunia.




15. Ayu Anak Titipan Surga (2017, Guntoro Sulung)
Ayu (Luthfiyah Putri) anak yatim yang cerdas, berani, dan jujur. Evi (Zilla Zuliza) anak dari keluarga kaya yang kurang perhatian dan suka merundung Ayu. Meski kerap mendapat perlakuan buruk, Ayu menghindari konflik dengan Evi. Suatu ketika, Evi diculik kelompok mafia perdagangan manusia. Ayu dan kedua sahabatnya berusaha menyelamatkan Evi.




16. Iqro: Petualangan Meraih Bintang (2017, Iqbal Alfajri)
Aqila (Aisha Nurra Datau) bocah SD yang sangat gandrung sains tetapi tak minat belajar Al Qur'an. Suatu ketika, Aqila meminta izin kakeknya (Cok Simbara) untuk memakai teropong bintang di Boscha. Kakek mengizinkan, asal Aqila bisa membaca Al Qur'an. Aqila setuju. Saat berada di rumah kakek, Aqila bertemu Ros, anak pembantu yang mengajaknya ke masjid untuk belajar membaca Al Qur'an dengan metode Iqro.




17. Surau dan Silek (2017, Arief Malinmudo)
Tiga bocah lelaki Minangkabau, Adil (Muhammad Razi), Dayat (Bima Jousant), dan Kurip (Bintang Khairafi), ikut pertandingan silat di kampung. Adil berusaha keras menang demi membalas kekalahannya dari Hardi (F Barry Cheen) yang curang di laga sebelumnya. Di sisi lain, Adil punya dilema mengenai prinsip anak saleh karena ingin arwah ayahnya masuk surga.




18, Jembatan Pensil (2017, Hasto Broto)
Ondeng (Didi Mulya), bocah SD dari Pulau Muna (Sulawesi Selatan), terbelakang mental tetapi mampu menggambar sketsa tentang apapun yang menarik perhatiannya, seperti kehidupan ayahnya yang nelayan atau jembatan rapuh menuju sekolah yang dilewati tiap hari bersama lima sahabatnya.

Suatu ketika, terjadi suatu masalah. Ondeng takut kehilangan ayahnya. Dia lepas kendali dan membawa sendiri perahu ke laut. Dia tidak sadar bahaya yang mengancam.




19. Naura & Genk Juara The Movie (2017, Eugene Panji)
Naura (Naura Ayu), Okky (Joshua Y Rundengan), dan Bimo (Vickram AF Priyono) dipilih untuk mewakili sekolah dalam kompetisi sains Kemah Kreatif di hutan tropis Situ Gunung, Sukabumi. Mereka bertemu ranger cilik bernama Kipli (Andryan S Bima). Saat terpencar di hutan karena berselisih, mereka bertemu sindikat perdagangan hewan liar yang sedang beraksi. Mereka bekerja sama untuk menggagalkan rencana jahat tersebut.



20. Knight Kris (2017, Antonius & William Fajito)
Film animasi ini berkisah tentang Bayu, bocah berusia 8 tahun yang mendapat kekuatan super setelah menemukan keris di sebuah candi kuno. Pada saat sama, raksasa bernama Asura keluar dari kungkungan dan mengubah penduduk desa menjadi batu. Atas bantuan sepupu dan Empu Tandra, Bayu menghadapi Asura dan para prajuritnya.



 


(ELG)

Kaca Benggala Polemik Jerinx SID dan Via Vallen

Kaca Benggala Polemik Jerinx SID dan Via Vallen

3 days Ago

Dapat disimpulkan, Jerinx adalah korban dari sikap 'lancang' Via Vallen dan beberapa pe…

BERITA LAINNYA