Kata Budiman Sudjatmiko soal Iqbaal Ramadhan Perankan Minke di Film Bumi Manusia

Cecylia Rura    •    25 Mei 2018 15:44 WIB
film bumi manusiaiqbaal ramadhan
Kata Budiman Sudjatmiko soal Iqbaal Ramadhan Perankan Minke di Film Bumi Manusia
Iqbaal Ramadhan (tengah) (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Gaung film Bumi Manusia yang diangkat dari karya sastra berjudul sama milik Pramoedya Ananta Toer ikut menjadi perhatian politisi, salah satunya Budiman Sudjatmiko, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Budiman mengaku pernah membaca novel Bumi Manusia saat masih SMA. Mendengar tokoh Minke diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, ia cukup setuju.

"Yang dulu saya bayangkan sosok Minke itu adalah seorang yang memang wajahnya Nusantara. Wajah Melayu, wajah Jawa. Menurut saya, Iqbaal kurang lebih bisa mendekati, meskipun ada beberapa tokoh lain, tapi saya pikir Iqbaal cukup mendekati," kata Budiman kepada Medcom.id, Jumat 25 Mei 2018.

Budiman sendiri mengaku sebenarnya belum terpikirkan siapa sosok yang tepat untuk memerankan Minke. Namun, sejauh ini sosok Iqbaal sudah cukup memenuhi.

"Saya harus akui untuk Si Minke, saya belum ketemu (pemeran yang tepat). Dari penampilan fisik, Iqbaal tampaknya oke," imbuhnya.

Menurut Budiman, Bumi Manusia merupakan karya sastra terbaik milik Indonesia dan dapat dinikmati semua kalangan serta lintas umur.

Kabar Iqbaal memerankan tokoh Minke cukup ramai diperbincangkan di media sosial. Sebab, sebelumnya Iqbaal sangat lekat dengan tokoh Dilan, karakter dalam cerita novel karya Pidi Baiq. Kabarnya, tahun depan film Milea juga akan melalui tahap produksi.

Selain Iqbaal, aktor Sha Ine Febriyanti, Mawar Eva de Jongh, Ayu Laksmi dan Donny Damara ikut bermain di dalamnya. Film ini disutradarai Hanung Bramantyo dan diproduksi Dapur Film untuk Falcon Pictures. Salman Aristo bergerak sebagai penulis naskah.

Proses syuting mengambil tempat di Yogyakarta dan dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2018.

 


(ELG)