Film Coco Dorong Penjualan Gitar Paracho di Meksiko

Purba Wirastama    •    07 Januari 2018 09:23 WIB
film asing
Film Coco Dorong Penjualan Gitar Paracho di Meksiko
Film Coco Dorong Penjualan Gitar Paracho (Foto: Pixar-Disney)

Meksiko: Kesuksesan komersial film Coco melebar tak hanya bagi proyek filmnya sendiri. Paracho, kota kecil pusat pembuatan gitar tradisional Meksiko, semakin bergairah karena penjualan gitar meningkat dengan signifikan.

Dilansir dari Reuters, permintaan pasar atas gitar buatan seniman Paracho menjadi tinggi menyusul popularitas gitar Meksiko yang muncul dalam film Coco. Paracho  telah dikenal sebagai kota gitar klasik abad XVI selama beberapa abad. Sebanyak 30 ribu orang tinggal di sini dan sebagian memilih jalan hidup sebagai pembuat gitar.

Menurut legenda setempat, tradisi pembuatan gitar ditularkan oleh seorang Pastur yang datang bersama penjajah Spanyol. Pastur ini memutuskan untuk memberi ilmu kerajinan tangan bagi penduduk lokal untuk mendukung ekonomi mereka.

Popularitas Paracho sebagai kota gitar perlahan meningkat dan menjadi salah satu penggerak ekonomi Meksiko. Menurut seniman setempat, Coco membawa kerajinan ini ke tingkat ke global dan meningkatkan penjualan gitar secara drastis.

Harga gitar buatan tangan bervariasi, antara MXN 2.000-20ribu (Rp1,4 juta-14juta). Salah satu permintaan populer adalah gitar berwarna hitam-putih, yang ditambahi gambar kartun tengkorak Meksiko di bagian depan.

Coco diproduksi studio Pixar dan dirilis oleh Walt Disney pada akhir November 2017. Hingga kini, pendapatan komersial film ini dari penjualan tiket bioskop tingkat global mencapai USD 555 juta atau sekitar Rp7,45 triliun.

Kisah film Coco mengikuti perjalanan seorang bocah yang tiba-tiba berada di dunia orang mati saat penduduk Meksiko memperingati Hari Orang Mati atau Dia de los Muertos. Gitar bergaya Paracho adalah salah satu unsur penting dalam cerita.

 


(DEV)