Iqbaal Ramadhan Tak Segombal Dilan

Purba Wirastama    •    26 Februari 2019 15:28 WIB
iqbaal ramadhanFilm Dilan 1991
Iqbaal Ramadhan Tak Segombal Dilan
Iqbaal dan Vanesha syuting Dilan 1991 (Foto: dok. maxpictures)

Bandung: Setelah lepas dari CJR, Iqbaal Ramadhan dikenal luas sebagai "Dilan" karena bermain dalam film adaptasi novel tulisan Pidi Baiq. Dilan adalah remaja anggota geng motor Bandung yang punya ribuan kata-kata rayuan untuk Milea, tetapi apakah Iqbaal juga demikian?

Iqbaal mengaku dia justru berusaha menghindarkan diri dari karakter Dilan, setidaknya setelah dia populer sebagai pemeran "pujangga remaja" ini. Dia bahkan tidak nyaman mengeluarkan kata-kata gombal seandainya sedang menjadi diri sendiri.

"Supaya orang bisa membedakan, mana Iqbaal dan mana Dilan," kata Iqbaal usai gala premier di Bandung.

"Gue enggak gombal, tetapi selama syuting gue harus mengucapkan kalimat yang menggelinjang (bikin geli). Dilan pintar memainkan kata-kata. Jadi Dilan yang  berekspresi kepada Milea sehingga tidak ada rasa cringe (jijik) atau canggung gitu," jelasnya.

Iqbaal juga memberi contoh lain bagaimana dia harus tidak menjadi dirinya sendiri saat memerankan Dilan. Sebuah kecelakaan lalu lintas pada 2015 membuat Iqbaal tidak berani mengendarai sepeda motor. Namun dalam film Dilan 1990 (2018) dan Dilan 1991 (2019), tuntutan peran membuat dia harus naik sepeda motor.

"Tiga tahun saya enggak naik motor, tapi kan Iqbaal yang takut. Dilan enggak takut dan enggak tahu kalau Iqbaal takut," ungkapnya.

Dalam Dilan 1991, Iqbaal kembali beradu akting dengan Vanesha Prescilla sebagai Dilan dan Milea. Sejumlah pemain lain yang terlibat Ceu Popon, Yoriko Angeline, Zulfa Maharani, Giulio Parengkuan, Zara JKT48, Gusti Rayhan, Omara Esteghal, Azzura Pinkania, Bucek Depp, Maudy Koesnaedi, Ence Bagus, dan Jerome Kurnia.

Film ini diadaptasi dari novel Dilan Bagian Kedua: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 karya Pidi Baiq. Naskah adaptasi ditulis oleh Titien Wattimena bersama Pidi. Pidi juga menjadi sutradara bersama Fajar Bustomi. Produksi dilakukan dalam naungan Max Pictures.

Dilan 1991 akan tayang reguler di bioskop mulai 28 Februari 2019.


 


(ELG)