Hak Produksi Skenario Film Akira Kurosawa Dibeli Perusahaan Game Tiongkok

Purba Wirastama    •    19 Mei 2017 18:27 WIB
film asing
Hak Produksi Skenario Film Akira Kurosawa Dibeli Perusahaan Game Tiongkok
Akira Kurosawa (foto: via nofilmschool)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah naskah film peninggalan legenda Akira Kurosawa akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi film layar lebar. Jinke Entertainment, perusahaan game asal Tiongkok, telah mendapatkan hak produksi atas sembilan naskah Akira.

Seperti diberitakan The Hollywood Reporter, pihak Jinke menyampaikan hal ini dalam acara pers di Festival Film Cannes (CFF) pada Kamis 18 Mei 2017. Hak produksi didapatkan dari Kurosawa Production Company, perusahaan di Tokyo yang dibuat khusus untuk melindungi dan mempromosikan karya peninggalan Akira.

Naskah berjudul Silvering Spear akan menjadi proyek film pertama. Kisahnya tentang samurai Jepang dalam masa perang. Produksi dimulai pada 2018 dan film dibuat dalam bahasa Tiongkok. Menurut pihak Jinke, naskah lainnya bisa diadaptasi ke film berbahasa lain, tergantung rumah produksi yang akan bekerjasama.

Jinke awalnya merupakan pabrik bahan kimia, tetapi kemudian memperluas lini bisnis ke pengembangan aplikasi mobile game dan jenis hiburan lain. Menurut Forbes, belakangan Jinke telah sepakat untuk membeli investasi game Talking Tom senilai USD 1 miliar.

Secara resmi pihak Kurosawa mengumumkan akuisisi tersebut dalam acara CFF. Takayuki Kato, cucu Akira dan direktur perusahaan Kurosawa Production, menyambut gembira kerjasama dengan Jinke untuk naskah Silvering Spear.

"Kami menantikan hal ini. Suatu saat jutaan penggemar (Akira) di seluruh dunia dapat kesempatan untuk menikmati satu dari karya-karya besar terakhirnya. Kami harap proyek pertama ini dapat berlanjut ke kerjasama berikutnya dengan Jinke Entertainment," kata Kato, dikutip dari The Hollywood Reporter.

Wakil manajer umum Jinke Zhang Zhengeng menyatakan hendak mengulang kesuksesan mereka dalam mengembangkan game bertema film. Baginya, membuat film pertama dari naskah karya sutradara terhormat di dunia adalah kebanggaan tersendiri.

"Kami gembira mendapat dukungan penuh dari keluarga Bapak Kurosawa dan tim untuk upaya penting ini. Kami akan menjunjung karya kampiun film Asia ini dengan membuat film berkualitas tinggi," kata Zhang.

Akira Kurosawa adalah penulis dan sutradara film kelahiran Jepang tahun 1910, yang meninggal pada 1998. Semasa hidup, dia telah membuat puluhan naskah dan film. Hingga kini dia dianggap sebagai salah satu pembuat film yang penting dan berpengaruh dalam sejarah

 


(ELG)

Giring

Giring "Nidji," Keputusan Vakum dan Visi Politik

2 days Ago

Setelah lima belas tahun Bersama Nidji, Giring Ganesha mengambil keputusan besar untuk vakum.

BERITA LAINNYA