Penggemar Sunting Ulang Dunkirk Menjadi Film Bisu

Purba Wirastama    •    03 Januari 2018 14:33 WIB
trailer dunkirkfilm asing
Penggemar Sunting Ulang Dunkirk Menjadi Film Bisu
Cuplikan Dunkirk versi bisu buatan penggemar (YouTube Like Stories of Old)

Jakarta: Christopher Nolan mengerjakan film minim dialog Dunkirk dengan dasar kecintaan dia akan kekuatan visual film bisu. Belum lama ini, seorang penggemar mengubah film Dunkirk ke bentuk inspirasinya semula, yaitu film bisu.

Film pendek bisu ini berdurasi sekitar tujuh menit dan berwarna monokrom hitam putih. Tak ada suara tokoh. Baris dialog diubah menjadi teks tertulis layaknya film-film bisu klasik.

Sejumlah gambar tak disertakan. Tempo gerakan gambar dipercepat dan tak ada musik dari Hans Zimmer, melainkan komposisi musik orkestra baru yang mengiringi alur perjalanan dari adegan ke adegan.

Menariknya, versi bisu ini tetap mampu menjadi 'karya baru' yang tak meninggalkan garis besar cerita film asli, tetapi punya tawaran nuansa berbeda. Film ini diunggah di kanal YouTube Like Stories of Old (LSOO) pada akhir Desember 2017 lalu.

Tom, orang di balik LSOO, bercerita bahwa awalnya dia hanya hendak membuat esai video rutin untuk akhir tahun. Dia membahas teknik cerita visual Dunkirk beserta sejumlah pengaruh dari film-film bisu inspirasi Nolan.

Untuk itu, Tom menyunting ulang sejumlah cuplikan gambar Dunkirk ke gaya bisu. Hasilnya dibandingkan dengan gambar dari film-film bisu terdahulu. Proses ini justru berakhir dengan video yang dia sebut eksperimental.

"Aku kagum betapa bagus film ini bisa diterjemahkan (ke gaya klasik), dan bahwa pengubahan ini menunjukkan dengan jelas cara Nolan memakai sudut kamera, gaya bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan pengaturan panggung untuk Dunkirk," ujar Tom dalam keterangan video.

"Teknik tersebut digunakan dengan baik untuk melukiskan konflik minor sekaligus seluruh kisah," lanjutnya.

Tom juga menyebut dia sempat ingin mengubah seluruh film ke versi bisu, tetapi batal karena sadar akan persoalan hak cipta. Karena itu dia hanya membuat versi pendek berisi gambar-gambar yang menyoroti kekuatan visual film Dunkirk.

"Aku pikir ada banyak film-film terbaru yang punya aspek visual yang kuat dalam bercerita. Namun hanya sedikit film yang aku tahu, yang dapat diubah ke film bisu dan masih bisa diterima. Aku yakin Dunkirk adalah satu dari film-film ini," tulis Tom.

Video ini berjudul 'Dunkirk re-edited as a Silent Film' dan masih tersedia di kanal LSOO YouTube. Dalam lima hari sejak diunggah, video sudah ditonton lebih dari 150 ribu kali.



 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA