Sutradara Lord of the Rings Garap Film Dokumenter dari Arsip The Beatles

Purba Wirastama    •    31 Januari 2019 07:00 WIB
film dokumenterthe beatles
Sutradara Lord of the Rings Garap Film Dokumenter dari Arsip The Beatles
The Beatles (Foto: gettyimages)

London: Sutradara Michael Edward Lindsay-Hogg pernah membuat rekaman video audio The Beatles pada 1969 untuk dijadikan film dokumenter berjudul Let It Be. Film itu berhasil dirilis pada 1970, tetapi menyisakan arsip rekaman video 55 jam yang belum pernah dipakai dan audio 140 jam.

Setelah hampir 50 tahun berselang, kini arsip rekaman itu akan dijadikan materi film dokumenter terbaru oleh sutradara trilogi Lord of the Rings, Peter Jackson. Proyek ini dikerjakan dalam naungan Apple Records dan perusahaan produksi Peter, WingNut Films.

"Rekaman video berdurasi 55 jam yang belum pernah dilihat dan audio 140 jam yang disediakan untuk kami, memastikan film ini akan menjadi pengalaman 'fly on the wall' yang sudah lama diimpikan para penggemar The Beatles," kata Peter, seperti dikutip Rolling Stone.

Istilah "fly on the wall" merujuk ke teknik produksi dokumenter, di mana peristiwa direkam secara diam-diam sebisa mungkin untuk menjaga keaslian. Terkait The Beatles, istilah ini juga merujuk ke paket bonus lagu dan dialog dalam Let It Be... Naked, album alternatif The Beatles rilisan 2003.

"Ini seperti mesin waktu yang mengantarkan kita kembali ke 1969. Kita duduk di studio, menonton empat kawan ini membuat musik bersama-sama," lanjutnya.

Peter berharap film ini bisa membantu menjawab konflik misterius soal album Let It Be. Album ini direkam 18 bulan sebelum The Beatles bubar.

"Aku lega setelah mengetahui bahwa kenyataan sangat berbeda dengan mitosnya," ungkap Peter.

"Tentu saja, ada momen drama, tetapi tidak ada perselisihan yang telah dihubungkan dengan proyek ini sejak lama. Melihat John, Paul, George, dan Ringgo bekerja bersama, membuat lagu-lagu yang kini unggul, tidak hanya mempesona, tetapi juga lucu, memberi semangat, dan ternyata mendalam."

Film ini masih dikerjakan dan belum punya jadwal rilis resmi. Jelang rilis filmnya nanti, film dokumenter lama Let It Be garapan Michael Edward juga akan dirilis ulang dalam versi restorasi.


 


(ELG)