Sapaan "Bung" dalam Film Anak Bintang Ketjil

Cecylia Rura    •    19 Desember 2018 11:09 WIB
Restorasi FilmFilm Bintang Kecil
Sapaan
Potongan film Bintang Ketjil (Foto: Pusbangfilm)

Jakarta: Bintang Ketjil, film lawas rilisan 1963 besutan Wim Umboh dan Misbach Jusa Biran telah direstorasi. Ada yang menarik dalam beberapa dialog antarpemain cilik dalam film yakni sapaan "Bung."

Kata Bung, merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kata sapaan akrab kepada seorang laki-laki. Maria Umboh, salah satu pemain pun menjelaskan makna itu saat dilontarkan untuk memanggil Nana, bocah laki-laki dalam film.

"Pemanggilan 'Bung,' memang kita disuruh sutradaranya. Tapi pada waktu itu banyak panggilan 'Bung,' papa saya sendiri panggilnya 'Bung,'" kata Maria di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 18 Desember 2018.

Lazimnya dalam kehidupan sehari-hari, panggilan "Bung" kerap digunakan dalam dialog antar pria dewasa. Sementara dalam film, cukup menarik ketika bocah perempuan memanggil anak laki-laki yang berusia lebih tua sedikit dengan panggilan Bung.

Film Bintang Ketjil dipilih untuk direstorasi lantaran memuat potret kehidupan masyarakat urban Indonesia pada zamannya. Termasuk gaya bahasa yang dipakai era itu tentu. Proses restorasi diinisiasi oleh Pusbangfilm dan dilakukan oleh Render Digital Indonesia. 

Sementara itu, selama proses syuting Maria yang saat itu berusia sekitar kurang dari 10 tahun tampak lincah berakting. Selain menikmati, dia mengalu sedikit ada rasa takut dengan sang ayah, Wim Umboh.

"Ada takutnya makanya nurut. Kebetulan saya orangnya enggak moody, jadi gampang aja," kata Maria.

Proses syuting tanpa sulih suara dan pengulangan adegan itu memakan waktu tiga bulan. Dalam satu adegan, beberapa pemain bahkan berjalan-jalan di atap Hotel Indonesia.

 
(ASA)