Sutradara Coco dan Toy Story 3 Mundur dari Pixar

Purba Wirastama    •    21 Januari 2019 15:23 WIB
film hollywood
Sutradara Coco dan Toy Story 3 Mundur dari Pixar
Lee Unkrich (Foto: via Awards Circuit)

California: Lee Unkrich, animator dan sutradara yang pernah menggarap film animasi Coco dan Toy Story 3, mengundurkan diri dari Pixar Studios. Lee bergabung ke Pixar pada 1994 dan ikut mengerjakan film panjang debut Pixar, Toy Story, sebagai editor.

Rencana Lee diungkap ke para rekan kerjanya di Pixar pada Jumat, 18 Januari 2019, sebelum dia membagikan kabar ini untuk publik di media sosial.

"Setelah 25 tahun yang luar biasa, aku memutuskan untuk meninggalkan Pixar. Sudah tiba waktunya untuk petualangan baru," kicau Lee lewat akun Twitter @leeunkrich. 

Pada hari berikutnya, Lee membagikan surat perpisahan yang tulis untuk rekan-rekannya di Pixar. 

"Tidak mungkin cukup bagiku mengungkapkan betapa hebat perjalanan 25 tahun yang telah dilalui dan seberapa berarti bekerja bersama orang-orang luar biasa dan bakat-bakat fenomenal," tulis Lee, yang mengakui sulit membayangkan bagaimana melanjutkan hidup tanpa Pixar. 

Menurut Lee, dirinya tidak pergi dari studio untuk membuat film di studio lain. Dia hendak menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga dan mengejar minat lama yang sempat terkubur. 

"Mungkin aku akan punya cerita baru untuk diceritakan," tulisnya.

Dia menceritakan pengalaman mengerjakan Coco dan melihat bagaimana film ini berdampak ke penonton. Menurut Lee, Coco menunjukkan bahwa kisah mendalam yang mereka buat bisa berdampak bagi individu dan budaya.

Coco, salah satu film animasi terbaik Pixar, berkisah tentang Miguel, seorang remaja yang ingin jadi musisi, tetapi keluarganya melarang karena persoalan masa lalu. Miguel tidak sengaja pergi ke alam orang mati dan bertemu dengan kakek buyutnya yang adalah seorang penyanyi legendaris.

"Aku sering bilang ke orang-orang, bahwa hal terburuk dari bekerja di Pixar adalah aku tidak pernah bisa menonton "film Pixar terbaru" tanpa ikut mengerjakan atau tahu segalanya tentang filmnya. Butuh beberapa tahun sebelum aku mendapat kesempatan itu dan aku menantikannya."

"Aku akan berada di antrean pertama untuk melihat apa yang kalian buat bersama," tutup Lee.

Lee bergabung ke Pixar dan ikut mengerjakan Toy Story, film animasi bioskop perdana Pixar yang sukses besar dan disusul tiga sekuelnya hingga tahun ini. 

Toy Story 2 (1999) menjadi debut Lee menjadi sutradara bersama Ash Brannon yang membantu sutradara utama John Lasseter. Debut Lee sebagai sutradara utama adalah Toy Story 3 (2010) yang meraih Piala Oscar. Coco (2017) adalah film kedua dan terakhir Lee sebagai sutradara utama.







(ASA)