Film Pendek Nomine Piala Citra, Elegi Melodi akan Dirilis di YouTube

Purba Wirastama    •    11 Desember 2018 10:17 WIB
FFI 2018
Film Pendek Nomine Piala Citra, Elegi Melodi akan Dirilis di YouTube
Dayu Wijayanto dalam Elegi Melodi (Foto: Studio Antelope)

Jakarta: Elegi Melodi, film pendek yang dibintangi Dayu Wijanto dan Melissa Karim, akan dirilis bagi publik di YouTube pada akhir pekan mendatang. Dalam ajang Piala Citra 2018, film garapan sutradara-penulis Jason Iskandar ini menjadi nomine film cerita pendek terbaik dalam Piala Citra 2018.

Kabar ini diumumkan oleh pihak Studio Antelope di media sosial pada Senin, 10 Desember 2018.

"Hadiah akhir tahun buat kamu, kamu, dan kamu! Sabtu ini di kanal YouTube kami," tulis @studioantelope dalam postingan Instagram yang memuat poster film.

Elegi Melodi berkisah tentang Melodi (Dayu Wijanto), perempuan tua yang periang dan bersemangat. Setelah mendapat vonis kanker, Melodi ingin mewujudkan cita-citanya sejak muda, yaitu menjadi penyanyi dan membuat video musik. Dia berharap video musik tersebut bisa diputar pada malam pemakamannya. 

Melodi bekerja sama dengan Rio (Alfian Phang), putranya yang kikuk dan bekerja sebagai gamer, serta Akmal (Yoga Mohamad), kamerawan televisi dengan visi aneh. 

Menurut keterangan di situs web Antelope, rumah produksi yang membuat film ini, ide Elegi Melodi bermula dari satu kejadian serupa yang melibatkan rekan penata rias. Seorang perempuan tua, ibu rumah tangga dan bukan penyanyi meminta wajahnya dirias secantik mungkin karena dia ingin merekam video musik di sebuah studio. 

"Di era digital yang serba praktis ini, keinginan semacam ini mudah untuk diwujudkan. Kami berkaca kembali tentang apa itu sebuah keinginan," tulis pihak Antelope. 

Mereka menyebut bahwa manusia punya keinginan lama yang mungkin sudah terkubur, tetapi diingat kembali ketika manusia berada dalam titik di mana pemenuhan kebutuhan, misalnya tubuh yang sehat, sudah mustahil dipenuhi.

"Film ini adalah perayaan keinginan-keinginan sederhana tersebut." 

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Jason Iskandar. Sebelumnya, Jason telah membuat sejumlah film pendek, seperti Territorial Pissings yang menang film pendek terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Tanya Jawab, Seserahan, dan Balik Jakarta. 

Film ini tayang perdana dalam ajang Film Musik Makan 2018 dan juga ikut masuk JAFF 2018. Dalam Piala Citra 2018 yang ditutup kemarin Minggu, film ini menjadi nomine film pendek terbaik bersama enam film lain, termasuk Kado yang menjadi pemenang. 

Elegi Melodi akan dirilis di kanal YouTube Studio Antelope pada Sabtu, 15 Desember 2018 pukul 09 WIB.
 


(ASA)