Hari Film Nasional 2018

Ernest Prakasa Ingin Tetap Menghibur Penonton Film Bioskop

Purba Wirastama    •    30 Maret 2018 18:27 WIB
ernest prakasahari film nasional 2018
Ernest Prakasa Ingin Tetap Menghibur Penonton Film Bioskop
Ernest Prakasa (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Sejak dua tahun terakhir, akumulasi jumlah penonton film domestik per tahun mengalami peningkatan signifikan. Bagi penulis-sutradara Ernest Prakasa, gairah ini memberi tantangan baru untuk membuat film hiburan yang layak tonton di bioskop.

"Hal menarik dari perfilman sekarang adalah semakin booming industrinya, dengan pertumbuhan yang luar biasa banget, dari 2015 ke 2016, lalu ke 2017," kata Ernest kepada Medcom.id saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut informasi yang dikumpulkan Medcom.id, capaian komersial film domestik pernah mengalami titik puncak pada kurun 2006-2007. Waktu itu akumulasi jumlah penonton setahun mencapai 50 juta orang, yang mana menguasai 56% market share bioskop Indonesia. Sisanya tentu saja film impor.

Namun dalam empat tahun, capaian ini langsung turun drastis ke titik terbawah yaitu 11 juta penonton setahun. Lima tahun berikutnya, jumlah penonton film domestik mulai naik perlahan ke angka 35 juta. Pada 2017, capaian itu naik lagi ke angka 42 juta dengan market share sekitar sepertiga.

"Tantangan buat kita para sineas adalah gimana caranya, bisa mengimbangi dari segi sumber daya manusia, gimana caranya penonton yang semakin banyak ini bisa tetap kita hibur dengan karya yang layak untuk ditonton oleh penonton bioskop, yang notabene harus mengeluarkan uang dan waktu untuk menonton film-film ini," tutur Ernest.

Setelah populer sebagai komika, Ernest membuktikan bahwa dia adalah penulis dan sutradara yang patut diperhitungkan. Tiga filmnya sebagai sutradara sekaligus penulis naskah sukses secara komersial dan mendapat ulasan positif. Lewat Cek Toko Sebelah, dia diganjar penghargaan Piala Citra kategori penulis naskah terbaik dan JAFF Indonesia Screen Awards kategori sutradara terbaik.

Ernest dan Meira Anastasia, istrinya, sedang menyiapkan proyek film Milly dan Mamet (AADC) produksi Miles Films dan Starvision Plus.



 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA