Bukti Kesenjangan Bayaran Aktor dan Aktris di Hollywood

Elang Riki Yanuar    •    24 Agustus 2017 08:00 WIB
hollywood
Bukti Kesenjangan Bayaran Aktor dan Aktris di Hollywood
Emma Stone - Mark Wahlberg (Foto: via eonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Majalah Forbes baru saja mengumumkan aktor termahal periode 2017. Nama Mark Wahlberg ada di urutan pertama. Namun, data ini menguak fakta lain tentang kesenjangan bayaran yang diterima aktor dan aktris.

Mark Wahlberg berhasil mengumpulkan USD68 juta selama setahun, diikuti oleh Dwayne Johnson dengan USD65 juta. Rekan Dwayne di Fast and Furious, Vin Diesel menduduki tempat ketiga dengan pendapatan USD54,5 juta.

Masih ada nama aktor terkenal lain seperti Adam Sandler (USD50,5 juta), Jackie Chan (USD49 juta), Robert Downey Jr. (USD48 juta), Tom Cruise (USD43 juta), dan bintang Bollywood, Shah Rukh Khan di urutan kedelapan (USD38 juta) dan Salman Khan (USD37) di peringkat sembilan.

Beberapa pekan sebelumnya, Forbes juga mengumumkan kategori aktris termahal selama 2017. Emma Stone berada di tempat pertama dengan meraih USD26 juta berkat penampilannya di film La La Land. Fakta ini mengungkap perbedaan pendapat yang cukup mencolok antara Mark Wahlberg dan Emma Stone yang sama-sama menduduki peringkat pertama.

Pendapatan Emma Stone bahkan masih kalah dibanding dengan peringkat 10 aktor termahal yang diduduki aktor asal India, Akhsay Kumar yang mendapat USD35,5 juta. Begitu juga aktris-aktris lain yang ada di bawah Emma Stone seperti Jennifer Lawrence, Jennifer Aniston, Mila Kunis, Emma Watson hingga Amy Adams.

Total pendapatan 10 aktor termahal tahun 2017 mencapai USD487,5 juta. Berbanding jauh dengan total bayaran 10 aktris termahal yang hanya mencapai USD172,5 juta.

Fakta ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat kesenjangan bayaran antara aktor dan aktris merupakan isu lama di industri Hollywood. Sejumlah aktris pun pernah terang-terangan mengeluhkan bayarannya yang jauh dibanding para aktor. Padahal, mereka sama-sama bintang utama.

Jennifer Lawrence misalnya. Aktris 26 tahun ini mendapat bayaran lebih rendah dibandingkan Christian Bale dan Bradley Cooper ketika sama-sama membintangi American Hustle. Lawrence hanya dijanjikan bayaran 7 persen dari keuntungan film. Berbeda dengan para aktor yang diberi 9 persen dari keuntungan. Dia lalu menuliskan surat terbuka dengan judul tegas, "Mengapa saya dibayar lebih kecil dibanding para pemain pria?"

Keluhan sama pernah disampaikan Natalie Portman ketika menjalani wawancara untuk sebuah majalah awal tahun 2017. Natalie mengungkapkan fakta bahwa dirinya menerima bayaran tiga kali lebih rendah dibanding lawan mainnya, Ashton Kutcher di film No Strings Attached pada 2011.

Meski fakta kesenjangan bayaran di Hollywood masih terus berlangsung, para pemeran perempuan tak berhenti menyuarakan kesetaraan upah. Bagi Amanda Seyfried yang juga pernah mengalami diskriminasi soal bayaran, apa yang para aktris perjuangkan bukan semata-mata persoalan materi.

"Ini bukan berapa banyak uang yang kamu dapatkan, ini tentang keadilan," kata Amanda.

 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

4 days Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA