Jay Subyakto Sutradarai Film Dokumenter

Antara    •    19 Juni 2017 09:19 WIB
film indonesia
Jay Subyakto Sutradarai Film Dokumenter
Jay Subiyakto (Foto: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk pertama kalinya penata artistik, Jay Sub­yakto, menyutradarai film dokumenter dengan tema sejarah perdagangan rempah Indonesia.

Film berjudul Banda, the Dark Forgotten Trail ini mengupas kejayaan pala, komoditas rempah yang dulu dianggap lebih bernilai daripada emas, di Kepulauan Banda.

Tak hanya soal jalur rempah, film itu pun menceritakan genosida pertama di Indonesia yang membuat penduduk asli Banda hilang tak bersisa. Banda juga jadi tempat pengasingan empat bapak bangsa Indonesia.

Produser dan sutradara berbagai konser musik itu juga memasukkan fragmen konflik agama pada 1999 sampai penyebab banyak orang Indonesia tidak tahu sejarah di Kepulauan Banda.

Jay diminta duduk di bangku sutradara oleh produser Sheila Timothy. Kebetulan Sheila melihat sebuah wawancara ketika Jay menunjukkan ketertarikan untuk membuat film dokumenter.

“Saat ditawari, saya senang sekaligus takut karena membuat dokumenter itu sulit,” kata Jay di Rumah Indofood, Jakarta Fair Kemayoran, belum lama ini.


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA