Jackie Chan Raih Piala Kehormatan Oscar

Putri Rosmala    •    14 November 2016 10:38 WIB
jackie chan
Jackie Chan Raih Piala Kehormatan Oscar
(Foto: Indian Express)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Atas kreativitas dan dedikasinya pada dunia perfilman selama lebih dari lima dekade ini, Jackie Chan dianugerahi piala kehormatan Oscar, yakni Governors Awards.

Baginya, penghargaan yang diterimanya di Los Angeles, Amerika, Sabtu (12/11) malam waktu setempat itu merupakan impian yang terwujud.Seperti diutarakannya saat menerima piala tersebut di atas panggung, bahwasanya sudah lama ia memimpikan mendapat penghargaan Oscar.

"Sejak saya melihat Piala Oscar di rumah Sylvester Stallone bertahun-tahun lalu, saya selalu mendambakan piala tersebut. Kini, setelah 50 tahun (di dunia sinema), setelah 200-an film, dan berulang kali patah tulang (dalam proses syuting), akhirnya saya mendapatkannya," ujar bintang asal Hong Kong itu seperti dikutip Variety.com.

Ia menjelaskan, selama ini banyak pihak, termasuk orangtuanya, bertanya-tanya mengapa dirinya yang sudah melahirkan begitu banyak karya tak juga kunjung mendapat penghargaan dari Hollywood.

Meski begitu, laki-laki berusia 62 tahun tersebut mengaku tidak pernah patah semangat dan terus berkarya.

"Saya sangat berterima kasih atas dukungan terutama dari para fan. Saya selalu terus kembali membuat film. Berlari, meloncat jendela, berbagai adegan hingga tidak jarang membuat saya cedera terus saya lakukan untuk berkarya," ungkap laki-laki yang bermain film sejak berusia delapan tahun itu seperti dilansir Dnaindia.com.

Governors Awards merupakan bagian dari penyelenggaraan Piala Oscar yang digelar terpisah.

Meski tidak sepopuler ajang Piala Oscar reguler yang akan digelar Januari mendatang, penghargaan itu tak kalah bergengsi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada sosok-sosok perfilman yang telah berkiprah dalam waktu lama.

Para pemenangnya dipilih langsung oleh para petinggi Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Selain kepada Jackie, malam itu Governors Awards juga diberikan pada sineas dokumenter Frederick Wiseman, pengarah pemilihan peran Lynn Stalmaster, dan editor film Anne V Coates.

Dalam kata pengantar yang dibawakan aktor Tom Hanks, Chan disebut sebagai aktor yang kualitas kemampuannya setara dengan aktor legendaris Amerika John Wayne dan Buster Keaton.

Tom Hanks pun menyematkan kata Chan-tastic untuk mendeskripsikan kemampuan Jackie yang kerap melakoni adegan berbahaya tanpa pemeran pengganti, juga sebagai sutradara, penulis skenario, dan produser.

Pemacu semangat

Jackie mengatakan dirinya sangat menghargai penghargaan tersebut. Meski usianya tidak lagi muda, piala itu akan menjadi pemacu semangatnya untuk dapat terus berkarya.

Sampai saat ini, Jackie sudah membintangi 131 film, memproduseri 45 film, dan menyutradarai 17 film. Ia memulai kariernya di tanah kelahirannya, Hong Kong. Sebelum merambah Hollywood, ia telah membintangi lebih dari 30 judul film berbahasa Mandarin.

Di usianya yang sudah lanjut, bintang Rush Hour itu masih terus menelurkan karya populer di masyarakat seperti film Karate Kids dan Kungfu Panda.


(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA