JK Terharu Kisah Ibunya Diangkat ke Layar Lebar

Agustinus Shindu Alpito    •    25 Agustus 2016 13:16 WIB
film indonesia
JK Terharu Kisah Ibunya Diangkat ke Layar Lebar
Adegan Athirah (Foto: MilesFilm)

Metrotvnews.com, Jakarta: Miles Films saat ini tengah menyiapkan sebuah film drama yang diangkat dari kisah nyata, Athirah. Film besutan sutradara Riri Riza itu mengangkat ketegaran hidup perempuan Bugis yang tidak lain ibunda dari Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK).

"Terharu sekali melihat Ibu saya tergambar di layar lebar. Saya mengerti ada beberapa kejadian yang tidak sama persis dengan kejadian sesungguhnya, tapi jelas sekali dari mana inspirasinya," jelas Pak JK, seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com.

"Saya memahami persepsi Riri Riza, sebagai sutradara. Dia punya ruang, apa yang biasanya disebut dengan lisensi kreatif, untuk mengadaptasi cerita ini. Tidak masalah. Yang penting roh kisah ini tepat sekali, bahkan sampai ke selera humornya," tambahnya.

Film Athirah diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Albertiene Endah. Sosok Athirah diperankan oleh Cut Mini. Mengisahkan bagaimana seorang perempuan mempertahankan keutuhan keluarganya saat ada perempuan lain yang memasuki kehidupan suaminya.


Adegan Athirah (Foto: MilesFilm)

Di tengah prahara rumah tangga itu, anak lelaki tertua Athirah yang masih remaja, Ucu (diperankan oleh Christoffer Nelwan), tak mampu memahami sang ibu dan konflik yang terjadi.

Bagi Miles Films, kisah Athirah sangat menarik untuk diangkat karena relevan terhadap problematika yang dihadapi jutaan keluarga di Indonesia saat ini.

"Saya kagum ada Pejabat Negara di negeri ini yang mau berbagi kisah keluarga yang sangat pribadi ke publik," kata Mira Lesmana yang duduk sebagai produser dalam proyek ini.

Melihat proyek-proyek sebelumnya, rumah produksi Miles Films dikenal kerap mengangkat unsur lokalitas dari berbagai pelosok Indonesia. Pada film Athirah, mereka mengangkat bagaimana kultur dan alam Sulawesi Selatan.

“Ketika saya membaca novel Athirah, saya merasa mengenal betul ruang keluarga yang digambarkan Alberthiene Endah dengan sangat detail dalam novel ini. Walau almarhum Ibu saya tidak mengalami apa yang dialami Athirah, tapi kekuatan Athirah dapat saya rasakan pula dalam sosok ibu saya,” tukas Riri Riza.

Lokasi syuting film Athirah berada di Makassar, Sengkang, dan Parepare.

Athirah bukan sekadar proyek film biasa bagi Miles FIlms. Proyek ini bisa dibilang adalah reuni orang-orang di balik kesuksesan film Laskar Pelangi (2008).


Adegan Athirah (Foto: MilesFilm)

Athirah kembali mempersatukan talenta kreatif Mira Lesmana, Riri Riza, Salman Aristo, Yadi Sugandi (penata kamera), Chitra Subyakto (penata kostum), Eros Eflin (penata artistik), dan Cut Mini. Merekalah orang-orang yang pernah bekerjasama dalam film Laskar Pelangi.

"Saya pikir, saya tidak akan pernah mendapatkan kesempatan lagi bekerjasama dengan keluarga besar Miles Films setelah Laskar Pelangi. Jadi, tak bisa saya gambarkan kebahagiaan saya ketika dipercaya untuk memerankan Athirah," ujar Cut Mini berbinar-binar. "Tidak hanya kerinduan saya yang terobati, tapi saya merasa tersanjung diberi tantangan untuk memerankan Athirah,” tambah Mini.

Athirah akan tayang mulai 29 September 2016. Film ini turut dibintangi Tika Bravani, Indah Permatasari, Arman Dewarti, dan Nino Prabowo. Soundtrack film ini didaulatkan kepada duo akustik Endah N’ Rhesa. Grup yang terdiri dari pasangan suami-istri itu menyisipkan lagu berjudul Ruang Bahagia.

 


(ELG)