Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 Relevan dengan Kondisi Terkini

Elang Riki Yanuar    •    18 November 2016 20:00 WIB
film indonesia
Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 Relevan dengan Kondisi Terkini
Pemain dan tim BTDLA 2 (Foto: Metrotvnews/Elang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 coba mengangkat sejarah Islam di Amerika. Cerita ini dianggap sang penulis novel sekaligus skenarionya,  Hanum Rais Salsabiela dan Rangga Almahendra relevan dengan situasi terkini di Amerika, khususnya ketika Donald Trump memenangkan Pemilihan Presiden.

Seperti diketahui, Donald Trump dalam kampanye kerap menyatakan sikap diskriminatif terhadap kaum muslim di Amerika. Dia bahkan berencana melarang orang muslim datang ke negaranya. Rupanya, ini bukan pertama kalinya Hanum membuat novel lalu seperti menemukan momennya.

"Setelah saya bikin 99 Cahaya di Langit Eropa dengan tema seperti itu, tidak lama ada serangan teroris di Paris. Film tersebut jadi menemui konteksnya atau pas dengan situasi yang ada waktu itu. Begitupun dengan film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, terus tema yang saya bawakan di naskah film menemui konteksnya lagi. Ada Islamnya, ada kontribusi muslim, semua jadi pas," ujar Hanum dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Hanum, Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 dia tulis jauh sebelum polemik diskriminasi yang dilakukan Trump terjadi. Hanum pun tidak menyangka kalau Novel yang ia tulis jadi menemui konteksnya.

"Ini dibuat bulan Maret, jauh sebelum ramai-ramai keadaan umat Islam di Indonesia dan Amerika seperti ini. Simbol-simbol yang ada di film tersimbolisasikan juga di situasi saat ini, saya sangat bersyukur," katanya.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 bercerita saat Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya) mendapat misi baru yaitu, menelusuri jejak harta karun misterius para pelaut muslim China yang berlayar ke Amerika jauh sebelum Colombus.

Film  ini dibintangi Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Hannah Al Rashid, Boy William, Rianti Cartwright, dan Ira Wibowo. Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 tayang pada  8 Desember 2016.


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA