Lonceng di Film Pengabdi Setan Disebut Buatan Tahun 1800

Purba Wirastama    •    20 September 2017 22:26 WIB
film pengabdi setan
Lonceng di Film Pengabdi Setan Disebut Buatan Tahun 1800
Ayu Laksmi dalam Pengabdi Setan (dok Rapi Films 2017)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu aspek pembeda di film Pengabdi Setan versi Joko Anwar, dibanding versi Sisworo Gautama Putra, adalah keberadaan lonceng panggil yang digunakan karakter Ayu Laksmi. Joko bercerita bahwa properti lonceng untuk syuting adalah miliknya yang diperoleh dari seorang teman.

"Lonceng itu dari tahun 1800-an. Ada yang kasih ke aku long long time ago. Tahu enggak dia bilang apa? Bikin film nih, pakai lonceng ini," ujar Joko di Epicentrum XXI Jakarta, Rabu 20 September 2017.

Keberadaan lonceng dalam cerita telah diperkenalkan lewat teaser pertama yang dirilis Juni lalu. Dalam trailer yang dirilis Agustus, lonceng beserta suaranya muncul lagi. Hal ini menjadi isyarat bahwa lonceng menjadi elemen penanda unsur horor dalam film, mengingat bahwa tokoh ibu (Ayu Laksmi) diceritakan meninggal dan mendatangi keluarganya lagi.

Di sisi lain, Joko mengaku punya pengalaman personal terkait penyematan lonceng ke cerita film. Ketika sakit, ibunya juga menggunakan alat yang sama jika ingin memanggil orang rumah.

"Kebetulan ibuku juga sakit lama selama 2,5 tahun dan dia pakai lonceng untuk manggil orang. Misalnya butuh apa-apa, dia pakai lonceng," ungkap Joko.

Film Pengabdi Setan diproduksi oleh Rapi Films dan CJ Entertainment. Selain Ayu, pemain yang terlibat antara lain Bront Palarae, Tara Basro, Endy Arfian, M Adhiyat, Nasar Anuz, Dimas Aditya, Egy Fedly, Arswendy Bening Swara, Elly D Lutan, Asmara Abigail, dan Fachri Albar.

Pengabdi Setan dijadwalkan tayang di bioskop mulai Kamis 28 September 2017.




(ELG)