4 Aktris Pemeran Wonder Woman Sebelum Gal Gadot

Purba Wirastama    •    04 Juni 2017 09:00 WIB
wonder woman
4 Aktris Pemeran Wonder Woman Sebelum Gal Gadot
(Foto: Wikipedia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Wonder Woman  besutan Patty Jenkins adalah kali pertama karakter Diana Prince diangkat dalam film layar lebar. Tokoh utama diperankan oleh Gal Gadot, yang juga tampil sedikitnya dalam dua film lain dalam waralaba sama.

Sebelum film Wonder Woman  versi Gal Gadot, karakter Diana atau Wonder Woman telah diangkat ke satu serial televisi Amerika dan lusinan animasi. Ada juga beberapa rencana proyek untuk dijadikan serial televisi. Dua di antaranya hanya sampai tahap karya contoh (pilot movie).

Banyak aktris telah terlibat untuk peran pahlawan super ciptaan William Moulton Marston ini. Ada pemeran versi live-action, ada pula yang sekadar sebagai pengisi suara atau model karakter animasi. Berikut sedikitnya empat aktris pemeran versi live-action sebelum Gal Gadot.

1. Ellie Wood Walker dan Linda Harrison

Kedua aktris ini menjadi pemeran untuk proyek contoh film televisi tahun 1967 berjudul Who's Afraid of Diana Prince. Ellie menjadi Diana dan Linda menjadi Wonder Woman. Tidak ada pulau Themyscira dan Ratu Hippolyta.

William Dozier, produser serial tv Batman dan Green Hornet, ingin mengangkat tokoh pahlawan lain ke film berdurasi 90 menit, yaitu Wonder Woman. Menurut catatan Wonderland Site, rencana gagal lantaran naskah tidak sesuai harapan. Sementara Ellie dan Linda telah bermain dalam tayangan contoh berdurasi lima menit.



2. Cathy Lee Crosby

Aktris dan mantan atlet tenis ini berperan sebagai Diana dalam film televisi berjudul Wonder Woman  tahun 1974. Film berdurasi 78 menit dan dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan kanal TV ABC untuk membuatnya jadi serial.

Namun, tidak dilanjutkan dan menuai banyak respons negatif karena persoalan kualitas. Film ini menjadi proyek pertama Warner Bros untuk karakter Diana.

Vincent McEveety menjadi sutradara dan naskahnya ditulis oleh John DF Black. Kaz Garas berperan sebagai Steve Trevor dan Charlene Holt sebagai Hippolyta. Potongan tiga menit film ini diunggah oleh kanal WarnerArchive dan dapat diakses oleh publik.



3. Lynda Carter

Lynda Carter menjadi aktris paling sukses dalam peran sebagai Wonder Woman. Dia tampil dalam satu film contoh (1975) dan 59 episode serial TV (1976-1979). Semuanya ditayangkan di kanal ABC dan CBS Amerika. Versi DVD juga telah dirilis oleh Warner Home Studio.


(Foto: Warner Bros)

Menurut catatan Wonderland Site, pihak studio berniat mencari sosok aktris yang dapat membuat orang lupa soal dua proyek sebelumnya. Aktris populer Joanna Cassidy sempat dilirik, tapi pilihan jatuh pada Lynda, pendatang baru. Cerita serial ini dibuat mendekati versi komik.

Produksi dilakukan bersama The Douglas Cramer Company dan Bruce Lansbury Productions. Lyle Waggoner menjadi Steve Trevor. Sementara Beatrice Colen menjadi Etta Candy, sekretaris Steve.

 


(DEV)