Christopher Nolan Larang Ada Kursi & Botol Air di Lokasi Syuting Dunkirk

Purba Wirastama    •    29 Juli 2017 19:25 WIB
film asingtrailer dunkirk
Christopher Nolan Larang Ada Kursi & Botol Air di Lokasi Syuting Dunkirk
Dunkirk (warner bros)

Metrotvnews.com, Jakarta: Christopher Nolan bersikukuh menghindari efek digital dan CGI sebisa mungkin untuk film Dunkirk supaya mendapat hasil akhir yang lebih nyata. Demi intensi ini, Nolan juga punya beberapa permintaan lain, termasuk melarang ada kursi dan botol air untuk aktor di lokasi syuting.

Mark Rylance, pemeran tokoh warga sipil bernama Dawson, menceritakan pengalaman syuting bersama Nolan dalam wawancara dengan Independent. Dia menyebut bahwa sutradara kelahiran 1970 ini memang membuat sejumlah aturan khusus.

"Dia sangat spesifik soal penggunaan film (seluloid) dan segala hal yang tampak nyata di depan kamera, sehingga ada banyak teknik lama yang digunakan dalam film ini untuk membuatnya terlihat nyata. (Misalnya) api di air dan orang-orang yang berenang. Dia ingin menekan porsi paska-produksi dan CGI," kata Mark, dikutip dari Independent.

Hal-hal yang tidak tampak secara visual di kamera juga diatur.

"Dia melakukan beberapa hal seperti, tidak mau menyediakan kursi untuk aktor di set atau sebotol air. Benda-benda itu adalah distraksi. Suara botol seperti mainan. Ketiadaan kursi membuat kalian tetap fokus," lanjut Mark.

Aturan tersebut juga diterapkan Nolan untuk dirinya. Dalam catatan produksi film Dunkirk, Harry Styles, pemeran salah satu tentara Inggris di pantai, berujar bahwa Nolan bergabung bersama para kru dan pemain di lokasi.

"Chris tidak duduk. Setiap kali ada istirahat, itu karena dia tahu bahwa setiap orang butuh istirahat. Dia tidak duduk di tenda yang hangat sambil melihat semuanya lewat monitor. Dia berada di luar bersama setiap orang. Aku kagum," ujar Harry.

Aktor Cillian Murphy mengakui bahwa strategi Nolan telah membantu dia mendalami karakter. Dia berperan sebagai seorang tentara yang ditemukan oleh Dawson sedang bertahan di tengah laut.

"Ini menurutku pribadi, tapi aku pikir semua aktor juga setuju. Ketika kalian berada di suatu lingkungan dan hal-hal terjadi secara nyata, perjalanan karakter dapat digambarkan secara lebih jujur dan nyata," kata Cillian.

Film Dunkirk mengikuti perjalanan beberapa tokoh yang terlibat dalam proses evakuasi tentara Inggris di pantai Dunkirk selama seminggu pada musim panas 1940. Waktu itu Perang Dunia II sedang memasuki tahap awal dan mereka dikepung pasukan Jerman.

Dunkirk telah ditayangkan di bioskop sejak Jumat 21 Juli 2017.

 


(ELG)