Produser Rocker Balik Kampung Rindu Film-film Cerita Jawa Barat

Purba Wirastama    •    06 Juli 2018 07:00 WIB
film indonesiaFilm Rocker Balik Kampung
Produser Rocker Balik Kampung Rindu Film-film Cerita Jawa Barat
Nayaka Untara, produser film Rocker Balik Kampung (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Film drama komedi Rocker Balik Kampung garapan penulis-sutradara Uli Rahman mengangkat kebudayaan tradisional Kasepuhan Sunda di Jawa Barat sebagai latar cerita. Bagi produser Nayaka Untara, ide soal Jawa Barat itulah yang membuat dia tertarik ketika Uli menawarkan ceritanya dua tahun silam.

"Saya pribadi kangen dengan cerita-cerita seperti Kabayan. Mungkin belum ada lagi film yang mengangkat Jawa Barat dan Sunda," ujar Nay dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Sealtan, Kamis, 5 Juli 2018.

Naya menyebut bahwa Rocker Balik Kampung merupakan upaya mengingatkan kembali orang-orang, bahwa Jawa Barat punya banyak kisah untuk digali. Secara personal, proyek ini tentu juga menjadi jawaban atas kerinduannya.

"Kami coba mengangkat itu, mengingatkan masyarakat bahwa film tentang Jawa Barat masih bisa dikembangkan. Jangan kalah dengan film lokal lainnya, kayak di Makassar, Jogja, dan segala macam. Beberapa tahun terakhir, belum ada lagi yang fokus tentang budaya Jawa Barat," ungkap produser Guru Bangsa Tjokroaminoto ini.

Film ini digarap oleh sutradara Uli Rahman, yang juga menulis naskahnya bersama Getar Jagatraya. Usut punya usut, ternyata ide awal ceritanya sudah dipikirkan Uli sejak hampir 10 tahun silam.

"Saya sudah punya dasar ceritanya sejak 2009. Lalu ketemu dengan Mas Naya 2016. Dari situ, kami mulai berjibaku ke sana sini. Lalu kejadian di tahun 2018 ini," terang Uli dalam kesempatan sama.

Kendati bukan asli Sunda, Uli mengaku sering datang ke Sukabumi dan memiliki ikatan khusus dengan kawasan tersebut, terutama kebudayaan dan alamnya.

"Pada dasarnya, saya suka dengan alam dan kebetulan sering datang ke daerah Sukabumi, terutama gunung dan sawahnya – dan Kasepuhan, itu tujuan yang paling uhuy deh!" tukas Uli.

Rocker Balik Kampung adalah debut Uli sebagai sutradara film cerita panjang. Nurayendra Irwindo alias Winky Wiryawan menjadi aktor utama dan bermain bersama Bisma Karisma, Maryam Supraba, Iang Darmawan, serta Budi Dalton.

Film produksi MHS Films ini dijadwalkan rilis di bioskop pada Kamis, 12 Juli 2018.

 


(ELG)