Main di Film Nini Thowok, Slamet Ambari Lepaskan Aksen Tegal

Purba Wirastama    •    12 Januari 2018 08:05 WIB
film indonesiaslamet ambari
Main di Film Nini Thowok, Slamet Ambari Lepaskan Aksen Tegal
Slamet Ambari (Foto: medcom/purba)

Jakarta: Setelah Turah, Slamet Ambari bermain lagi dalam film panjang Nini Thowok garapan sutradara Erwin Arnada. Tantangan utama film ini bagi Slamet adalah melepaskan aksen Tegal saat dialog dalam Bahasa Indonesia.

Saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Slamet bercerita bahwa Erwin adalah sutradara yang memberi banyak ruang kepada aktor. Namun Erwin dia sebut sangat ketat untuk urusan aksen bahasa.

"Orangnya enak, enggak begitu rewel," kata Slamet kepada Medcom.id, Kamis, 11 Januari 2018.

"Dia membebaskan para pemain untuk berekspresi semaksimal mungkin. Cuma kalau faktor bahasa, dia paling teliti, aksen diperhatikan banget. Aku sampai di-cut (disetop saat adegan berjalan) karena aksen Tegal keluar," lanjutnya.

Slamet adalah aktor Tegal yang aktif bermain teater dan sejumlah film pendek lokal. Dia dikenal publik yang lebih luas setelah tampil di film Turah garapan Wicaksono Wisnu Legowo. Kebanyakan naskah yang dia mainkan memang berbahasa Jawa dialek Tegal.

Untuk film Nini Thowok, Slamet mengaku kesulitan saat mengucap kata 'meninggal'. Dia nyaris selalu menyebut kata ini dalam aksen Tegal dengan bunyi tambahan 'h' di bagian akhir. Akhirnya kata ini diganti dengan kata 'mati'.

"Mening-ngghal. Aku enggak bisa (mengucap kata) 'mening-gal'. Susah," kata Slamet memberi contoh.

"Tapi dia (Erwin) jeli banget. 'Cut cut! Ganti, itu aksen Tegal keluar'. Kalau gitu diganti saja dong? 'Iya, ganti jadi kata mati'," tuturnya mengulang diskusi dengan Erwin.

Film ini mengikuti kisah Nadine (Natasha Wilona), gadis yatim piatu yang diwarisi penginapan kuno oleh sang nenek (Jajang C Noer). Bersama adiknya, Nadine pindah ke sana untuk mengelola penginapan, yang ternyata menyimpan rahasia mistis.

Film ini disutradarai Erwin Arnada, yang juga menulis skenario bersama Alim Sudio dan Agnes Davonar. Ronny Irawan, Hendro Djasmoro, dan Andreas Setia Putra menjadi produser di bawah atap TBS Pictures.

Nini Thowok dijadwalkan rilis di bioskop pada Kamis 1 Maret 2018.

 


(ELG)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA