Film Ghibli Whisper of the Heart akan Tayang Ulang di Indonesia

Purba Wirastama    •    24 November 2017 18:08 WIB
studio ghibli
Film Ghibli Whisper of the Heart akan Tayang Ulang di Indonesia
Whisper of the Heart (Foto: studioghibli)

Jakarta: Whisper of the Heart, film animasi Studio Ghibli tahun 1995, akan diputar ulang di bioskop Indonesia dalam program The World of Ghibli Jakarta. Film arahan sutradara Yoshifumi Kondo ini akan tayang selama sehari di sejumlah kota pada Sabtu 25 November 2017.

Drama romantis ini diadaptasi dari komik berjudul sama karya Aoi Hiiragi. Seorang wanita kutubuku bernama Shizuku bercita-cita menjadi penulis. Suatu ketika dia menyadari nama Seiji Amasawa muncul dalam semua buku perpustakaan yang dia baca. Lewat rentetan kejadian ajaib, dia pergi ke suatu tempat menemui Seiji.

Naskah ditulis Hayao Miyazaki. Film ini menjadi film panjang ke-8 Ghibli sekaligus film pertama yang diarahkan oleh sutradara selain dua pendiri studio, Hayao dan Isao Takahata. Sebelumnya sutradara Kondo telah terlibat dalam produksi film-film seperti Grave of the Fireflies dan Kiki's Delivery Services.

Baron, tokoh kucing besar dalam film, dibuatkan film sempalan berjudul The Cat's Return yang dirilis pada 2002. Film diproduksi oleh Ghibli dan diarahkan Hiroyuki Morita.

Menurut pihak The World of Ghibli Jakarta, Whisper hanya akan diputar di 12 bioskop jaringan CGV di Jakarta, Depok, Cirebon, Surabaya, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, dan Medan.

WGJ merupakan rangkaian acara penayangan film Ghibli, atas prakarsa Kaninga Pictures dan beberapa pihak. Ghibli sendiri adalah studio animasi Jepang yang telah berumur 32 tahun dan menghasilkan beberapa karya terbaik di Jepang. WGJ juga telah mengadakan eksibisi karya instalasi film Ghibli di Jakarta pada Agustus hingga Oktober lalu.



 


(ELG)