Garap Film Perdana, Soleh Solihun Klop dengan Monty Tiwa

Purba Wirastama    •    18 November 2017 06:15 WIB
soleh solihun
Garap Film Perdana, Soleh Solihun Klop dengan Monty Tiwa
Soleh Solihun dalam Mau Jadi Apa_ (starvision plus)

Jakarta: Komedian dan penulis Soleh Solihun mengaku tak paham teknis pembuatan film sebelum menjadi sutradara di film Mau Jadi Apa? produksi Starvision Plus dan Mizan. Untuk itu, dia menggandeng sutradara rekanan yang dirasa cocok sebagai 'penerjemah' ide cerita.

"Gue enggak mau tiba-tiba mengambil itu," kata Soleh usai press screening di Epicentrum XXI Kuningan, Jakarta, Jumat 17 November 2017.

"Gue ingin ditemani orang yang memang sudah jadi sutradara beneran, dan di antara semua sutradara di Indonesia, menurut gue, sutradara yang paling cocok dengan gue ya Monty Tiwa, karena dulu pernah main filmnya juga," lanjut Soleh.

Personel The Changcuters Tampil di Film Biografi Soleh Solihun

Soleh sudah dua kali bermain di sedikitnya dua film arahan Monty, seperti Shy Shy Cat (2016), dan sejumlah film sebagai aktor pendukung. Mau Jadi Apa? adalah debut dia sebagai aktor utama, sekaligus penulis dan sutradara.

Pria kelahiran 1979 ini merasa sudah begitu klop dengan Monty untuk urusan produksi film komedi. Dia menyebut Monty mampu menjadikan konten komedi yang diterima dari Soleh menjadi lebih kuat.

"Kalau Monty bikin adegan, gue main, jadinya lebih lucu dibanding seharusnya. Jadi, kalau gue punya ide, Monty bisa menimpali balik, kasih ide supaya adegan jadi lucu. Makanya, ketika mau bikin film komedi dan tandem, yang kepikiran nama Monty Tiwa," ujar Soleh.

Film Debut Soleh Solihun Punya Jadwal Produksi Sangat Singkat

Film ini merupakan dramatisasi atas sepenggal kisah Soleh saat masih duduk di bangku kuliah Fakultas Komunikasi Universitas Padjajaran sekitar 1999, ketika dia dan sejumlah kawan bingung soal masa depan. Mereka pun membuat majalah hiburan pertama lingkup kampus dan bersaing dengan majalah politik serius yang lebih dulu populer.

Naskah ditulis Soleh dengan bantuan Agasyah Karim dan Khllid Kasogi. Chand Parwez dan Gangsar Sukrisno menjadi produser di bawah atap Starvision dan Millenia, rumah produksi grup Mizan.

Selain Soleh, aktor yang terlibat antara lain Aurelie Moeremans, Anggika Bolsterli, Gading Marten, Putri Marino, dan Poppy Sovia. Selain itu juga ada belasan komedian sebagai aktor pendukung, seperti Boris Bokir, Adjisdoaibu, Andi Awwe Wijaya, Ricky Wattimena, Ronal Surapradja, Aci Resti, serta Tike Priatnakusumah.

Mau Jadi Apa? dijadwalkan rilis di bioskop pada 30 November 2017.








 
(ELG)