Pritt Timothy Tercengang saat Kunjungi Makam Haji Agus Salim

Cecylia Rura    •    17 Maret 2018 21:17 WIB
Pritt Timothy
Pritt Timothy Tercengang saat Kunjungi Makam Haji Agus Salim
Pritt Timothy (Foto: medcom/cecylia)

Jakarta: Pritt Timothy merasa ada kontak batin dengan tokoh Haji Agus Salim yang dia perankan dalam film Moonrise Over Egypt. Ketika akan menjalani syuting film tahun lalu, Pritt berinisiatif mengunjungi makam Agus Salim di Kalibata. Ia menemukan sebuah pesan tersirat ketika melihat makam sang pahlawan bangsa.

"Saya ke makam satu hari sebelum syuting. Saya sudah mengusulkan ke (tim) film, yuk kita ziarah ke makam beliau (Agus Salim) di Kalibata. Besok syuting, belum (ke sana). Ya sudah, (saya) pergi saja sendiri ke Kalibata naik ojek online. Yang sangat surprise buat saya adalah ketika di makam pahlawan kan ada nomor register setiap makam. Saya agak tercengang dan bengong ketika melihat makam beliau itu 106. Kamar hotel saya 106," cerita Pritt ketika ditemui Medcom.id di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Saya bengong agak lama. Baru sadar. Langsung saya berdoa," lanjutnya.

Proses syuting dilakukan di Kairo dan Indonesia dengan estimasi pembagian waktu 40% di Mesir, berbanding 60% di Indonesia selama lebih kurang 4 minggu saat momen sebelum dan sesudah lebaran tahun lalu.

Pritt bertempat tinggal di sebuah hotel di kawasan Kebayoran Lama tak jauh dari kantor rumah produksi TVS Films.

"Saya bengong, hati kecil saya bilang (terkejut). Saya bawa naskah juga. Di naskah saya ada beliau, hitam putih fotonya. Saya keluarkan saja, ya. Seolah-olah, saya sebagai orang Jawa, saya percaya bahwa beliau masih tetap (ada), siapa yang meninggal masih tetap melihat anak dan cucu. Saya sudah anggap itu sebagai kakek saya dan saya mohon izin, kalau kata orang Jawa, izinkan saya untuk memerankan bapak," katanya lagi.

"Meski tidak secara fisik, saya yakin beliau ada. Ada keyakinan besar bahwa beliau (bilang), pasti bisa. Dan saya mohon izin, izinkan saya untuk memerankan. Kalau toh nanti ada kesalahan berilah saya petunjuk agar saya bisa mengulangi dengan lebih baik."

"Sepanjang syuting, lancar-lancar saja. Sampai di Mesir pun begitu," ungkap aktor asal Yogyakarta tersebut.

Mendalami karakter Agus membuat Pritt cukup mengerti seperti apa sosok Agus dalam kesehariannya. Tokoh yang mudah bergaul celetukan humor satir.

"Beliau sebenarnya humoris diplomatik. Lucu, tapi kadang-kadang nyindir," kata Pritt.



 
(ELG)