Film Orang Kaya Baru Berangkat dari Impian Masa Kecil Joko Anwar

Purba Wirastama    •    11 Desember 2018 18:32 WIB
joko anwar
Film Orang Kaya Baru Berangkat dari Impian Masa Kecil Joko Anwar
Joko Anwar (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Film drama komedi terbaru Orang Kaya Baru garapan sutradara Ody C Harahap berkisah tentang keluarga seorang pria yang sebetulnya kaya raya, tetapi pura-pura miskin. Joko Anwar, penulis skenarionya, menyebut bahwa kisah film ini berangkat dari pengalaman pribadi sewaktu kecil.

"Ini kisah nyata waktu gue kecil. Jadi dulu gue tinggal di sebuah tempat di Medan – Medan coret (pinggiran)," kata Joko dalam jumpa pers di kawasan Gelora, Selasa, 11 Desember 2018.

Joko bercerita bahwa kampung tempatnya besar merupakan daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi. Pernikahan dini usia 14-15 tahun adalah hal biasa karena faktor kehamilan. Bahkan tindak kejahatan seperti "mencuri ayam" menjadi sebuah kebanggaan bagi anak-anak.

Keluarga Joko, seperti halnya keluarga lain di sana, bertahan hidup dengan kemampuan ekonomi sangat rendah.

"Kelas ekonomi sangat rendah di sana dan setiap hari, gue kebayang, jangan-jangan gue kaya, bapak gue kaya," ungkap Joko.

Kala itu, salah satu keinginan Joko adalah membeli buku pengetahuan umum berjudul Buku Pintar tulisan Iwan Gayo. Namun untuk bisa mendapatkan satu edisi buku ini, Joko harus menabung dua bulan. Suatu hari buku itu terbeli, tetapi tak bisa lama-lama berada di tangan Joko karena sebuah kesialan.

"Pulang sekolah gue baca-baca sambil jalan, tetapi (bukunya) jatuh, masuk comberan item gitu. Gue sedih banget," kenangnya.

"Buku itu gue taruh di bawah kasur, berdoa, semoga itu cuma mimpi jatuh ke selokan tetapi ternyata bagus. Pas aku lihat ke bawah, masih rusak. Terus ya sudah, karena (hidup) susah banget, mulai mengkhayal, 'Kayaknya bokap gue kaya, tapi pura-pura miskin' – dan inilah jadinya (naskah Orang Kaya Baru)," tutur Joko.

Ide cerita tersebut kemudian muncul dalam obrolan Joko bersama Ody. Dia diajak oleh Ody, yang akrab disapa Ocay, untuk berkolaborasi membuat film baru. "Gue ingin banget menulis buat Ocay. Menurut gue, dia sutradara terbaik di Indonesia dan sahabat gue juga."

Film ini dibintangi oleh Raline Shah, Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, dan Fatih Unru. Produksi dilakukan bersama oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures.

Orang Kaya Baru dijadwalkan rilis di bioskop pada 24 Januari 2019.



 


(ELG)