Deretan Pemeran Batman, Siapa Terbaik?

Cecylia Rura    •    02 Desember 2017 07:00 WIB
batman
Deretan Pemeran Batman, Siapa Terbaik?
Para pemeran Batman (Foto: warnerbros-gettyimages)

Jakarta: Tokoh fiktif superhero Batman bukan peran yang mudah untuk dimainkan. Terbukti dari beberapa seri yang muncul sebelum era milenium hingga seri terakhir dalam Justice League terbaru, tokoh Batman telah diperankan oleh delapan aktor film handal.

Ada yang berujung pada pujian, ada juga yang banjir kritik dan komentar miring. Berikut daftar ranking pemeran tokoh Batman dilansir dari laman Digital Spy.

8. George Clooney

Sosok Clooney kerap dikaitkan dengan tokoh Batman di era 90an. Meski demikian, bukan berarti aksinya menuai pujian. Clooney membawakan tokoh ini dengan sikap kekanak-kanakan dan kerap memiringkan kepalanya.

7. Val Kilmer

Tak ada yang spesial ketika Kilmer memerankan tokoh Batman Forever. Kilmer tampak tak mendalami perannya sebagau Bruce Wayne dan kurang memiliki koneksi yang tepat dengan sosok pemeran Robin kala itu. Meski dia gagal berperan apik dalan film besutan Tim Burton tersebut, Kilmer menunujukkan pesona lewat senyuman yang diberikan saat menggoda Dr. Chase Meridian, tokoh yang diperankan oleh Nicole Kidman.

6. Ben Affleck

Beberapa penggemar serial Batman sempat geram ketika nama Ban Affleck ditunjuk memerankan tokoh Batman dalam film Batman v Superman pada 2016. Dia hadir setelah pemeran Bruce Wayne dan tokoh Batman dimainkan dengan apik oleh Christian Bale dalam The Dark Knight Rises pada 2012. Meski jauh dari kata sempurna, aksi Batfleck tak membuat penikmat film memberikan kritik pedas. Tahun ini, peran Batman didominasi oleh Ben di mana dia tampil sebagai cameo dalam film Suicide Squad dan bermain dalam Justice League. Namun, penampilannya dalam Justice League tak ada spesial termasuk saat memerankan Bruce Wayne meski Ben dikatakan berhasil membawa aura Batman dari seri The Dark Knight.

5. Will Arnett

Aksi Batman dalam bentuk lego yang dimainkan Will Arnett dalam The Lego Movie pada 2014 tampak memberi angin segar ketika dia tampil berbeda, lincah dan atraktif jauh dari kesan melankolis. Kemudian di awal tahun ini penikmat film dimanjakan lewat serial khusus The Lego Batman Movie. Will mendapat kesempatan menunjukkan kekuatan suler Batman sekaligus drama yang dibumbui humor. Tentu adegan bromance antara Batman dan Joker akan sangat sulit dilupakan.

4. Kevin Conroy

Meski hanya berperan sebagai pengisi suara dalam film animasi Batman, penggemar superhero berjubah hitam tersebut tetap menganggapnya sebagai Batman yang sesungguhnya. Conroy membawa aura Batman muncul dan dirasakan oleh penonton. Meski, dia sebenarnya harus memelajari sosok Bruce Wayne di balik topeng Batman.

3. Christian Bale

Christopher Nolan menunjukkan sosok Batman terbaik lewat Christian Bale. Chris dianggap sukses membawa aura Batman, sama seperti ketika memerankan tokoh Patrick Bateman dalam American Psycho. Perjalanan Chris memerankan tokoh Bruce Wayne sangat tertata dimulai ketika dia berperan sangat serius sementara masih menebar aura keangkuhan pria yatim-piatu yang kaya raya. Dan tampaknya penampilan Chris sebagai Batman jauh mengesankan dibanding aksi Ben Affleck.

2. Adam West

Aksi Adam West memerankan tokoh Batman dalam serial TV di tahun 60-an tampak sejajar dengan beberapa program TV ikonik lainnya saat itu. Pembawaan tokoh Batman yang digambarkan eksotis memang tak memenuhi ekspektasi penggemar namun sangat cocok dengan karakter tersebut. Adam berulang kali memerankan tokoh ini selama lima dekade dengan sukses. Dan mungkin nama Adam akan selalu berdampingan dengan tokoh Batman.

1. Michael Keaton

Selain Val Kilmer dan Ben Affleck yang sempat mendapat kritik dari penggemar fanati Batman, nama Michael Keaton pun sempat dihujani kritik pedas. Hal ini dikarenakan Keaton saat itu dikenal sebagai aktor dalam serial komedi Mr Mom. Namun kemudian dia tetap percaya diri membawakan sosok Batman dan Bruce Wayne lewat sense of humor yang baik dalam Batman Returns pada 2012. Aksinya memang tidak terbilang sukses. Namun, penonton akan mengingat Keaton dalam Batman Returns sama seperti Adam West yang dikenang sebagai tokoh Batman.

 


(ELG)