Iko Uwais dan Yayan Ruhian Jadi Orang Laos di Beyond Skyline

Purba Wirastama    •    05 Oktober 2017 22:11 WIB
iko uwaisyayan ruhian
Iko Uwais dan Yayan Ruhian Jadi Orang Laos di Beyond Skyline
Adegan film Beyond Skyline

Metrotvnews.com, Jakarta: Iko Uwais dan Yayan Ruhian beradu akting di film Beyond Skyline garapan Liam O'Donnel, yang akan dirilis dalam waktu dekat. Kali ini, mereka berperan sebagai tentara bawah tanah yang berasal dari Laos.

"Saya dikasih kepercayaan langsung oleh Liam untuk jadi koreografer dan (pemeran) karakter juga, Sua, orang Laos. Dia tentara bawah tanah. Yayan jadi tentara Laos juga. Jadi, dia adalah kompetitor dari tentara bawah tanah saya," kata Iko dalam jumpa pers di Plaza Indonesia Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Beyond Skyline merupakan sekuel atas film Skyline (2010) garapan Colin dan Greg Strause. Liam menjadi produser dan ikut menulis naskah untuk film pertama. Namun dia lantas turun tangan untuk film kedua dengan jadi penulis dan sutradara.

Kisah besar untuk dua film adalah invasi alien di Bumi. Film pertama mengambil latar cerita Los Angeles dan film kedua menyorot kejadian simultan di Laos. Seorang detektif bernama Mark (Frank Grillo) berusaha membebaskan anaknya yang diculik alien di sebuah kapal perang. Dalam perjalanan inilah dia bertemu karakter Iko dan Yayan.

Untuk keperluan dialog, Iko mengaku harus belajar bahasa Laos. Kendati film secara umum berbahasa Inggris, tokoh yang dia perankan juga berbicara dalam bahasa lokal. Dia belajar dialog dengan cara mendengar.

"Sebelum baca naskah, saya terjemahkan ke bahasa Indonesia. Saya konsultasi dengan Liam seperti apa adegan per adegan. Ada pendamping penerjemah bahasa Laos dan Inggris. Saya baca dan mendengar, ternyata lebih mudah hapal dengan mendengar dari membaca," ucap Iko.

Syuting bertempat di beberapa lokasi Asia, termasuk Batam dan Yogyakarta. Studio CGI berada di Batam. Sementara Candi Prambanan di perbatasan Yogya digunakan sebagai set untuk lokasi cerita Laos.

Selain Iko, Yayan, dan Frank, film ini juga melibatkan sejumlah aktor lintas kultur. Ada Bojana Novakovic, Callan Mulvey, Valentine Payen, Kevin O'Donnell, Antonio Fargas, dan Pamelyn Chee.

Beyond Skyline dijadwalkan tayang di bioskop mulai Rabu 1 November 2017.


(ELG)