Tantangan Baru bagi Donny Damara dalam Film Guru Ngaji

Purba Wirastama    •    01 Maret 2018 18:38 WIB
Donny Damara
Tantangan Baru bagi Donny Damara dalam Film Guru Ngaji
Donny Damara (Foto: MI/Permana)

Jakarta: Aktor Donny Damara mengaku karakter guru mengaji termasuk peran baru dalam perjalanan aktingnya. Dia menghidupkan tokoh ini dalam film terbaru yang berjudul Guru Ngaji garapan Erwin Arnada dan penulis naskah Alim Sudio.

"Hal baru bagi saya adalah peran sebagai guru mengaji," kata Donny saat berkunjung ke kantor redaksi Media Indonesia di Kedoya Jakarta, belum lama ini.

"Untuk melebur ke dalam tokoh ini, saya cuma perlu waktu sebulan. Saya mengingat-ingat bagaimana dulu guru mengaji saya mengajarkan kami mengaji. Ternyata hal saat mengajar ngaji memang kejadian: anak-anak tidur, ngantuk," lanjutnya.

Soal referensi, Donny tak terlalu kesulitan. Karena saat kecil pernah menjadi murid pengajian yang mempelajari agama Islam, dia tinggal mengingat bagaimana gurunya mengajar. Donny juga mencari tambahan referensi lewat beberapa kawan.

Lagipula, kata Donny, tuntutan naskah terkait materi pengajaran ilmu agama juga tidak berat. Sebagai guru ngaji desa bernama Mukri, Donny setidaknya harus bisa memahami makna dan melafalkan isi Surat Al-Ma'un. Dia juga harus membentuk cengkok suaranya khusus untuk ini.

"(Ilmu agama) di naskah enggak terlalu sulit. Kalau diminta dakwah atau memberi tausiyah sekarang, saya enggak bisa. Namun karena waktu itu di naskah seperti ini, ya saya coba cari tahu maknanya. Paling enggak saya tahu melafalkannya," tutur Donny.

"Cengkoknya yang susah. Kalau mengaji enggak lama karena kami juga belajar ngaji. Kami dibantu Uztaz Opick. Kebetulan asisten sutradara pertama kami juga bisa, lalu pencatat script continuity kami juga jauh lebih jago. Aktor anak yang saya ajari ngaji, jauh lebih jago," imbuhnya.

Hal yang lebih menantang adalah peran ganda Mukri di dalam cerita. Mukri adalah seorang bapak yang harus mencukupi kebutuhan keluarga. Karena penghasilan dari menjadi guru mengaji tidak cukup, diam-diam dia bekerja sebagai badut pasar malam bernama Choka. Sebagai guru, Mukri mendapat kehormatan. Sebaliknya sebagai badut Choka, dia menjadi bahan tertawaan.

Menurut Donny, dia harus menjaga betul masing-masing emosi dari dua karakter yang harus dijalani Mukri ini.

"Hal yang harus saya jaga adalah transisi dari peran guru ngaji ke badut, emosinya, sebagai Choka dan sebagai Mukri. Untungnya ada teman-teman, sutradara, yang mengikuti," ucap Donny.

Selain Donny, sejumlah aktor yang terlibat antara lain Ence Bagus, Tarzan, Dodit Mulyanto, Andania Suri, Verdi Solaiman, Dewi Irawan, dan Akinza Chevakier. Rosa Rai Djalal menjadi produser di bawah bendera Channex Ridhall Pictures.

Guru Ngaji mulai tayang di bioskop pada Kamis, 22 Maret 2018.


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA