Tantangan Terberat Pritt Timothy Perankan Agus Salim di Film Moonrise Over Egypt

Cecylia Rura    •    17 Maret 2018 17:50 WIB
Pritt Timothy
Tantangan Terberat Pritt Timothy Perankan Agus Salim di Film Moonrise Over Egypt
Pritt Timothy (Foto: medcom/cecylia)

Jakarta: Aktor Pritt Timothy didapuk menjadi tokoh utama Haji Agus Salim dalam film sejarah Moonrise Over Egypt. Sebagai debut peran utama dalam sebuah film, seniman sekaligus mantan penyiar di Yogyakarta ini mengaku memiliki tantangan besar dalam memerankan tokoh besar seperti Haji Agus Salim.

"Dengan saya membaca biografi beliau saya kan harus juga menjadi (Agus Salim). Mas Pandu (bilang), 'Om lu masih gemuk om, belum kurus'. Akhirnya tantangan saya, saya harus menguruskan badan. Gimana caranya, satu, makan saya kurangi. Setiap scene, adegannya pasti merokok," kata Pritt saat ditemui Medcom.id di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Ternyata itu memengaruhi saya bisa menjadi kurus, susut 8 kilo saya (dari 62 kg menjadi 54 kg). Satu hari pada saat syuting ada 3 bungkus rokok. Kayak gini (menunjukkan rokok) kretek. Untuk kepentingan adegan itu," lanjutnya.

Kebutuhan kemiripan fisik diakui sangat dibutuhkan dalam memerankan tokoh Agus Salim. Selama syuting empat minggu di Kairo dan Indonesia, Pritt bisa menghabiskan 3 bungkus rokok dalam sehari. Ditambah saat melakukan workshop. Ia bahkan memperbanyak konsumsi kopi, dan banyak merenung tentang sosok Agus Salim. Sebab, diakuinya memerankan tokoh ini merupakan tantangan besar selama berkarier di dunia seni peran.

Untuk mendalami karakter Agus Salim, Pritt banyak membaca referensi buku dari internet dan buku yang diberikan oleh sutradara Pandu. Di samping itu, aktor berusia 60 tahun ini juga melakukan pendekatan lewat sanak famili. Salah satunya Adie Marzuki yang bertindak selaku produser film Moonrise Over Egypt.

"Adie Marzuki itu cicitnya (Agus Salim). Saya banyak ngobrol dengan cicitnya dan keluarganya. Otomatis (tahu). Jadi, tidak hanya berdasarkan buku, tetapi juga input dari pendekatan secara personal keluarga," paparnya lagi.

Pritt Timothy sendiri bukan orang baru di dunia seni peran. Berangkat sebagai penyiar di sebuah radio swasta di Yogyakarta, Pritt merambah dunia jurnalistik sekaligus menjadi 'kutu loncat' di beberapa bidang. Ia pernah bekerja sebagai penulis naskah, kepala stasiun radio, hingga akhirnya memulai debut karier di industri perfilman di film Marsinah pada 1999.

"26 tahun aku di radio, Mbak," celetuk aktor asal Yogyakarta ini.

Sebelumnya, Pritt sudah menekuni dunia seni peran sejak SMA lewat panggung teater dan bermain ketoprak Jawa.


 
(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA