Tantangan Lasja Susatyo Selama Memimpin Asosiasi Sutradara Film Indonesia

Cecylia Rura    •    02 Maret 2018 14:27 WIB
Indonesian Film Directors Club
Tantangan Lasja Susatyo Selama Memimpin Asosiasi Sutradara Film Indonesia
Lasja Susatyo (Foto: instagram)

Jakarta: Menjabat sebagai ketua umum pertama Asosiasi Sutradara Film Indonesia atau Indonesian Film Directors Club (IFDC) periode 2013-2018, Lasja Susatyo menghadapi beragam tantangan.

Sutradara film Cinta Dari Wamena (2013) ini mengungkapkan, salah satu tantangan terbesarnya adalah menjaring sineas muda dari daerah.

"Luar biasa. Terus terang kalau untuk menjaring daerah saya belum berani merangkul teman-teman (daerah). Yang di Jakarta saja belum semua. Baru sekarang lagi kita menambah 20-an anggota," kata Lasja kepada Medcom.id di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Para sineas yang dimaksud pun diharapkan dapat memberikan masukan bagi teman-teman sutradara yang lain. Sehingga, ada tanggung jawab yang lebih besar untuk bisa menggandeng sineas dari daerah.

Dengan adanya Asosiasi Sutradara Film Indonesia ini, Lasja melihat tercipta ekosistem yang sehat dan kerjasama antar sutradara.

"Kalau sebelumnya nyaman di sudut masing-masing. Sekarang kan pada mau keluar, mau melakukan sesuatu ramai-ramai dan lebih banyak berhubungan dengan orang lain. Terutama pemerintah punya kepercayaan (terhadap sineas)," sambung Lasja.

Posisi Lasja saat ini digantikan oleh Ifa Isfansyah. Sutradara Sang Penari itu akan menjabat ketua Asosiasi Sutradara Film Indonesia periode 2018-2023.


 
(ELG)