Guillermo del Toro akan Beri Beasiswa Bagi Sineas Meksiko

Purba Wirastama    •    11 Maret 2018 18:37 WIB
Guillermo del Toro akan Beri Beasiswa Bagi Sineas Meksiko
(Foto: Vanity Fair)

Guadalajara: Sineas kenamaan Guillermo del Toro turut membawa gegap gempita Oscars pulang ke kota tempatnya lahir dan besar di Meksiko, Guadalajara. Dia memberi serangkaian sesi kelas gratis bagi ribuan peserta di festival, membuka bioskop yang memakai namanya, serta meluncurkan beasiswa tahunan bagi sineas baru Meksiko.

Dilansir dari Variety, kedatangan del Toro ke Guadalajara Film Festival adalah kali pertama setelah festival diadakan hingga tahun ke-33. Kursi untuk sesi kelas del Toro pada Sabtu, 10 Maret, terisi penuh dengan 30 ribu permintaan pada setengah jam pertama. Del Toro pun menawarkan diri untuk mengisi beberapa kelas terbuka lain secara gratis.

Pada sesi tersebut, del Toro punya kesempatan untuk memberi pembahasan mendalam soal pengaruh terbesar dan perjalanan yang dia tempuh sebagai sineas yang nyaman berada di kisah-kisah tentang monster.

Setelah itu, festival meresmikan bioskop yang diberi nama sesuai nama del Toro. Rencana ini sebenarnya sudah ada sebelum del Toro dan filmnya The Shape of Water meraih Piala Oscar pada akhir pekan lalu.

Kemudian, penyelenggara festival juga mengumumkan secara resmi beasiswa bagi sineas Meksiko bernama Jenkins-Del Toro International Grant. Beasiswa senilai USD60 ribu atau sekitar Rp826,8 miliar dan diberikan bagi seorang sineas baru Meksiko setiap tahun untuk belajar di sekolah film ternama di luar negeri.

Del Toro lahir dengan nama Guillermo del Toro Gomez di Guadalajara pada 9 Oktober 1964. Sejak usia 8, dia telah bereksperimen dengan kamera seluloid Super 8 milik ayahnya untuk membuat beberapa film pendek bertema fantasi.

Film panjang pertamanya adalah Cronos (1993). Sebelumnya, selain membuat film pendek, dia juga mendalami dan bekerja sebagai artis efek make-up spesial untuk sejumlah proyek film. Del Toro adalah salah satu sineas Meksiko berpengaruh, selain Alejandro Gonzalez Inarritu dan Alfonso Cuaron.
(DEV)