Film Keluarga Cemara akan Jelaskan Awal Mula Keluarga Euis Versi Sinetron

Purba Wirastama    •    05 Januari 2018 08:00 WIB
film indonesia
Film Keluarga Cemara akan Jelaskan Awal Mula Keluarga Euis Versi Sinetron
Jumpa pers Keluarga Cemara (Foto: medcom/purba)

Jakarta: Serial klasik Keluarga Cemara bercerita tentang sebuah keluarga tiga anak yang pindah ke kota kecil. Untuk versi film terbaru dari Visinema, produser Anggia Kharisma menyebut kisahnya akan kembali ke latar sebelum kisah sinetron terjadi.

"Film ini akan menceritakan gimana keluarga ini bisa menjadi seperti di sinetron. Jadi ini adalah episode ke-0 Keluarga Cemara," kata Anggia saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

Serial Keluarga Cemara dari Arswendo Atmowiloto tayang perdana  Oktober 1996 dan berakhir pada 2005 dengan para pemain seperti Adi Kurdi serta Lia Waroka, Novia Kolopaking, dan Anneke Putri. Setiap episode memotret kehidupan mereka sehari-hari sebagai keluarga ekonomi pas-pasan.

Anggia belum bisa menyebut secara spesifik apakah Keluarga Cemara versi film terbaru hidup dalam kondisi ekonomi berbeda. Lagipula menurut dia, masalah yang disajikan relevan bagi segala strata sosial.

"Latar belakang keluarga miskin, bagi saya itu hanya strata sosial. Begitu strata sosial kita bedah lagi, semua orang dalam berbagai strata selalu punya isu dengan keluarga. Setiap keluarga pasti punya isu," tutur Anggia.

"Kalau ditanya apakah ini keluarga dengan latar belakang kaya atau miskin, kita tunggu di filmnya saja. Saya belum bisa cerita sekarang," imbuhnya.

Gina S Noer, yang menulis naskah sekaligus menjadi produser, menyebut mereka mempertahankan dan mengembangkan sejumlah hal ikonik dari sinetron. Ini pula yang menjadi tantangan bagi mereka dalam menuliskan ulang kisah versi baru.

"Tantangan terbesar adalah gimana hal-hal yang spesifik bisa terus ada di film ini," ujar Gina.

"Ini reboot dan kami sebagai kreator tahu akarnya di mana, esensinya. Kami paham kenapa karakter itu ada, kenapa becak itu ada, kenapa opak itu ada. Itu yang kami kembangkan dan kasih makna lebih di film ini," lanjutnya.

Keluarga Cemara disutradarai Yandy Laurens, yang sebelumnya dikenal lewat film pendek Wan An dan web series Sore. Produksi dilakukan Visinema dan rekanan Ideosource.

Aktor yang terlibat antara lain Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara JKT48, Widuri Putri, Kafin Sulthan, Yasemin Jasem, Maudy Koesnaedy, dan Asri Welas.

Keluarga Cemara akan mulai tahap produksi akhir pekan ini hingga awal Februari 2018. Filmnya akan dirilis pertengahan 2018.


(ELG)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA