CGV Gelar Kontes Membuat Ide Cerita Film Pendek untuk Mahasiswa

Purba Wirastama    •    07 Agustus 2017 09:10 WIB
film
CGV Gelar Kontes Membuat Ide Cerita Film Pendek untuk Mahasiswa
(Foto: Dok. CGV Movie Project 2017)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaringan bioskop CGV mengadakan kontes membuat ide cerita film pendek bagi peserta mahasiswa. Tiga tim dengan ide terpilih akan mendapat bimbingan pendalaman cerita serta dana produksi film masing-masing senilai Rp150 juta.

Pendaftaran telah dibuka sejak 27 Juli 2017 dan akan berakhir pada 28 Agustus 2017. Menurut keterangan di laman daring resmi, kategori peserta dibatasi hanya untuk mahasiswa berusia 20-25 tahun. Satu tim terdiri dari tiga orang dan salah satu merupakan mahasiswa di jurusan yang berkaitan dengan film, multimedia, penyiaran, ilmu komunikasi, atau jurnalistik.

Pendaftaran dibuka lewat dua jalur, yaitu surel atau pos foto dan video di Instagram. Semua jalur mensyaratkan calon peserta mengirimkan informasi biodata dan riwayat karya anggota, sinopsis cerita untuk film pendek 20-30 menit, sketsa konsep visual, serta rekaman video dari para anggota. Syarat terakhir ini merupakan uraian mengapa tim terkait layak dipilih ke tahap selanjutnya.

CGV tidak menyebutkan anggota juri untuk tahap seleksi pertama. Namun dapat dipastikan bahwa publik merupakan salah satu pihak yang akan menentukan nasib kelanjutan proposal cerita. Tim yang mendaftar lewat Instagram akan langsung melaju ke tahap presentasi jika materi kiriman mendapat angka 'likes' terbanyak.

Sayangnya, panitia tidak menyebut langkah mereka menghindari teknik instan yang mungkin dilakukan tim, mengingat ada sekian akun di Instagram yang memberi 'tanda hati', baik secara acak maupun karena dikerahkan oleh penyedia jasa 'like'.

10 tim terpilih, lima dari jalur surel dan lima dari Instagram, akan tampil dalam presentasi di hadapan juri pada September 2017 di Jakarta. Tahap ini menyaring tiga tim yang akan diberi bimbingan pendalaman cerita selama lima hari di Yogyakarta.

Dengan dukungan dana senilai masing-masing Rp150 juta, ketiga tim diberi waktu untuk melakukan produksi. Ketiga film pendek akan ditayangkan dalam acara penghargaan yang diadakan dengan bantuan pihak Jogja-NETPAC di Yogyakarta. Informasi lengkap dapat diakses lewat laman berita situs resmi cgv.id.


 


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

2 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA