Tembus 10 Juta Subscriber, Ria Ricis dan Atta Halilintar Raih Penghargaan Spesial

Cecylia Rura    •    20 Februari 2019 17:22 WIB
YouTuber
Tembus 10 Juta Subscriber, Ria Ricis dan Atta Halilintar Raih Penghargaan Spesial
Ria Ricis dan Atta Halilintar dengan penghargaan Diamond Play Button dari YouTube di kantor Google Indonesia, Rabu, 20 Februari 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Dua YouTuber asal Indonesia Atta Halilintar dan Ria Ricis menjadi kreator pertama yang mendapat Diamond Award di tingkat Asia Tenggara. Capaian ini berkat angka subscriber (pelanggan) YouTube yang mencapai 10 juta.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Rajant Meshram, YouTube Creator & Artist Development Manager untuk kawasan India dan Asia Tenggara.

"Mereka adalah kreator independen pertama di Asia Tenggara yang menembus 10 juta subscriber. Itu adalah jumlah yang sangat tinggi. Selamat," ucap Rajant di kantor Google Indonesia, Rabu, 20 Februari 2019.

Pemberian itu sempat diwarnai kejutan dari masing-masing keluarga. Atta dan Ria Ricis yang awalnya tampak lesu berubah semangat mengetahui anggota keluarganya ikut dalam selebrasi bersejarah. Ini menjadi momen pertama pertemuan Atta bersama keluarga sejak terakhir kali syuting video musik Ziggy Zagga.

"Sejak di salju baru bertemu lagi, saking sibuknya kita keluar kota. Alhamdulillah (bertemu)," kata Lenggogeno Faruk, ibu dari Atta.

"Kami semua mendukung Atta dengan menjadi pertama kali (peraih) Diamond Play Button di Asia Tenggara. Insya Allah coming soon se-Asia. Selamat juga untuk Ricis menjadi perempuan pertama (dapat Diamond Play Button)," sambungnya ikut mendoakan Ricis.

Dari keluarga Ricis, ada sang kakak dan ayah yang turut merayakan selebrasi 10 juta subscriber. Sang ayah jauh-jauh datang dari Batam.

"Saya sebagai kakaknya Ricis, Alhamdulillah. Terharu, sih. Setiap melihat upload-an dia, kita bangga terus Ricis selalu diingetin ini, sama papa, makan telur ayam kampung itu yang penting. Soalnya Ricis suka sakit," kata kakak Ria Ricis.

Untuk Ria Ricis, angka subscriber telah mencapai 10,2 juta dan Atta Halilintar 11,1 juta. Bagi mereka pencapaian ini menjadi hal membanggakan dan membuat mereka terpacu untuk terus berkarya melalui YouTube.

"Semoga dengan bertambahnya subscriber bertambah iman, bertambah takwa. Bertambah kasih sayang, rendah hati, tambah cinta dengan Tuhan. Takut dengan Tuhan. Itu yang paling penting. Kalau bertambah subscriber enggak bertambah iman, ya subscriber-nya aja, imannya enggak bertambah. Rugi akhirat, dunianya untuk dunia akhirat," kata Halilintar Asmid, ayah Atta.

Sebelum merambah YouTube, Ria Ricia aktif mengunggah konten melalui Instagram. Dia lalu beralih ke YouTube dengan membagikan konten gaya hidup. Sementara Atta mulai aktif bermain YouTube sejak 2014. Berawal dari konten traveling, anak sulung keluarga Halilintar ini perlahan mengajak keluarganya untuk ikut menjadi YouTuber.

"Saya harap akan lebih banyak lagi kreator wanita maupun kreator lainnya yang terus berbagi cerita dan memanfaatkan teknologi dan platform seperti YouTube untuk menyuarakan pendapat dan mencapai cita-cita," kata Ricis.

"Bagi saya 10 juta bukan hanya sekadar angka, perjalanan untuk meraih ini tidaklah instan, dibutuhkan kerja keras, disiplin, konsistensi hingga di posisi saat ini," kata Atta.

 
(ASA)