YouTuber Indonesia Dikecam karena Rekam Jasad Korban Bunuh Diri

Purba Wirastama    •    05 Desember 2018 13:28 WIB
youtube
YouTuber Indonesia Dikecam karena Rekam Jasad Korban Bunuh Diri
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Jakarta: Vlogger asal Indonesia bernama alias Qorygore mengikuti jejak ulah kontroversial Logan Paul dengan merekam jenazah di dalam Hutan Aokigahara Jepang, yang selama ini dikenal sebagai "hutan bunuh diri". Video tersebut mendapat reaksi keras di media sosial dan telah diturunkan pihak YouTube.

Qory, vlogger yang kerap memberi konten ulasan gim dan kadang cover lagu atau uji nyali, berkelana ke Hutan Aokigahara bersama sejumlah kawan vlogger dari satu manajemen untuk membuat konten video bersponsor.

Video tersebut diunggah pada 2 Desember 2018 dalam judul "TERLALU BARBAR! Di Aokigahara Jepang Berujung Ngilang" dan telah dihapus pihak YouTube. Kata "Barbar" sekaligus merujuk ke nama manajemen Qory. 

"Kalau nemu yang aneh-aneh, kabarin. Tapi kalau ada mayat, gue terbitkan (videonya), enggak disensor. Gue rebel sekarang! Anaknya rebel," kata Qory.

Belakangan, dalam wawancara dengan vlogger Eno Bening, Qory menyebut bahwa dia sengaja menjadi karakter "tengil" demi membuat video Aokigahara versinya menarik.

Pada bagian tengah, rekannya Alvin mengajak mereka bermain petak umpet. Namun, entah bagian dari skenario atau bukan, Qory sengaja masuk lebih jauh ke area terlarang. 

Ketika Qory menemukan jenazah, dia bereaksi dengan mengumpat.

Berikutnya, dia menemukan sesuatu yang dia anggap jenazah dan berusaha merekam sedekat mungkin. Gambar ini, yang kemudian dikaburkan (blur) untuk versi YouTube, disebut Qory sebagai "pocong". 

Apa yang dilakukan Qory terkesan tidak etis dan tidak peka. Motivasinya merekam jenazah-jenazah pun dipertanyakan substansinya. 

Vlogger Eno Bening mengunggah obrolan debat dengan Qory terkait kasus video Aokigahara. Qory mengklaim dia telah mendapat izin untuk masuk hutan dan merekam video. Izin didapat lewat perusahaan pemilik aplikasi Viyu Tokyo yang mengajak mereka bekerja sama.

"Secara umum, dengan karakter gue seperti itu, ya gue wajarin lah kalau gue memancing dan diperdebatkan warganet," ujar Qory dengan anggapan bahwa letak kontroversinya terletak di karakter tengilnya. "Gue juga respect di situ, cuma beda karakter saja."

"Kalau memang gue salah, ya sudah gue revisi saja kesalahan gue," imbuh Qory ketika ditanya apakah dia menyesal. 

Kasus kontroversial Logan terjadi pada awal Januari 2018. Saat itu, dia dan sejumlah kawan juga berkelana di hutan Aokigahara dan merekam videonya. Konten tersebut diunggah di YouTube dan mendapat kecaman besar di media sosial. 

Sehari setelahnya, Logan menghapus video dan membuat permintaan maaf karena telah melakukan kesalahan besar. Dia mengklaim tidak berniat mencari "views" lewat video tersebut.

Selang beberapa hari, pihak YouTube menyatakan kecewa atas kontroversi dan mencabut kerja sama dengan Logan untuk fitur iklan Google Preferred. Belum lama ini, dalam sebuah wawancara, Logan menyebut bahwa "Logan yang lama itu polos dan tidak peka."
 


(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA