James Franco Garap Film The Disaster Artist

Purba Wirastama    •    19 Juli 2017 16:48 WIB
james franco
James Franco Garap Film The Disaster Artist
The Disaster Artist (foto via imdb)

Metrotvnews.com, Jakarta: James Franco membuat film adaptasi berjudul The Disaster Artist, yang bercerita mengenai proses pembuatan film The Room garapan Tommy Wiseau. Teaser telah dirilis oleh studio A24 dan menampilkan adegan syuting untuk salah satu adegan paling ikonik dalam film tersebut.

The Room adalah film independen yang ditulis, dibiayai, disutradarai, serta dibintangi oleh Tommy Wiseau, pria misterius asal Amerika. Setelah dirilis pada 2003, film ini mendapat ulasan negatif atas sejumlah aspek dan kerap disebut sebagai film terburuk yang pernah dibuat.

Namun di sisi lain, banyak penonton mendaku diri mereka sebagai penggemar fanatik The Room. Menurut laporan Entertainment Weekly dan BBC, beberapa program pemutaran film The Room selalu dipenuhi penonton. Sejumlah penggemar meliputi artis peran dan pembuat film, seperti Paul Rudd, David Cross, Jonah Hill, Kristen Bell, dan Edgar Wright. Bagi mereka, The Room memiliki daya magis yang sulit dideskripsikan.

Kisah utamanya sebenarnya sederhana tetapi diselingi banyak peristiwa dan dialog yang sulit dikatakan berhubungan. Johnny (Tommy) merupakan seorang bankir sukses di San Fransisco. Dia tinggal bersama Lisa (Juliette Danielle), tunangannya. Suatu hari Lisa bosan dan berselingkuh dengan sahabat Johnny, Mark (Greg Sestero).

Beberapa tahun setelah film rilis, Greg Sestero menulis buku nonfiksi berjudul The Disaster Artist dengan bantuan Tom Bissell. Greg mengungkap berbagai masalah yang dihadapi selama pengembangan naskah dan produksi film The Room. Buku ini terbit pada 2013 dan meraih sejumlah penghargaan.

James Franco dan Seth Rogen lantas mengadaptasi cerita Greg ke dalam film panjang. Seth bertindak sebagai produser di bawah bendera distribusi A24. Naskah adaptasi ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber.

Seth juga menjadi salah satu pemeran tokoh asisten sutradara. Sementara James menjadi sutradara sekaligus pemeran tokoh Tommy Wiseau. Artinya, dalam kisah The Disaster Artist, James berperan sebagai sutradara yang membintangi filmnya sendiri. Beberapa pemain yang terlibat antara lain Dave Franco, Alison Brie, Zoey Deutch, Lizzy Caplan, Zac Efron, Bryan Cranston, dan Sharon Stone.

Dalam teaser 1,5 menit yang baru saja dirilis, penonton dapat menyimak sepotong cerita di balik layar The Room. Ada cuplikan adegan proses syuting salah satu adegan paling ikonik, ketika tokoh Johnny/Tommy bertemu tokoh Mark/Greg di lantai atap rumah.



Johnny/Tommy seharusnya mengatakan sejumlah baris kalimat, yang diakhiri dengan sapaan kepada Mark/Greg. Namun ternyata syuting harus dilakukan puluhan kali karena Tommy selalu lupa baris monolog yang sebetulnya sangat mudah.



Film The Disaster Artist telah ditayangkan perdana di SXSW Film Festival pada Maret 2017 lalu. Film akan diputar di bioskop AS dan beberapa negara pada Desember 2017. Belum ada informasi apakah film ini juga akan ditayangkan di Indonesia.

 
(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA