Seni Sulih Suara

Gervin Nathaniel Purba    •    25 Februari 2018 19:00 WIB
galeriindonesiakayaidenesia
Seni Sulih Suara
Karakter di serial Si Unyil (Foto:Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Di balik tokoh kartun, ada sosok yang tak bisa lepas darinya, yakni seorang dubber (penyulih suara). Tak banyak yang tahu bahwa menjadi seorang dubber butuh proses panjang.

Seseorang yang berkecimpung di dunia sulih suara perlu perjalanan yang cukup lama untuk mendapatkan pengakuan sebagai dubber profesional. Oleh sebab itu, kini para dubber di Tanah Air bergabung dalam asosiasi dubber se-Indonesia untuk mengukuhkan profesi mereka.

Indonesia memiliki beberapa dubber andalan, salah satunya Hanimah. Tak disangka bahwa perempuan ini yang menjadi pengisi suara karakter Unyil dalam serial Si Unyil. 

Serial yang diciptakan oleh Suyadi ini membutuhkan dan mencari karakter suara yang unik. Hanimah membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk mendapatkan karakter suara Unyil.

Selain Hanimah, ada Loecy yang membawakan tokoh Dorami dalam film Doraemon. Perempuan 43 tahun ini sudah menggeluti dunia sulih suara sejak 1980an. Dia tak hanya mengisi suara untuk film dan tokoh kartun saja, melainkan juga beberapa film impor, contohnya film telenovela Marimar.

Kemudian, ada Dewi Sartika yang menjadi seorang dubber sekaligus menjabat sebagai Ketua Suara Pro (Asosiasi Pelaku Suara Professional Indonesia/APSPI). Kehadiran Suara Pro dimaksudkan untuk mengukuhkan sekaligus memberikan pengakuan profesi lewat sertifikat yang dikeluarkan. Suara Pro juga berada di bawah naungan Lembaga Perfilman Indonesia sehingga sertifikatnya sangat diakui.

Saksikan selengkapnya mengenai seni sulih suara dalam program Idenesia, Minggu, 24 Februari 2018, pukul 21.30 WIB.


(ROS)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

2 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA