Berusia 81 Tahun, Mak Nyak Tetap Berjuang untuk Si Doel 2

Purba Wirastama    •    13 Desember 2018 06:30 WIB
Si Doel The Movie 2
Berusia 81 Tahun, Mak Nyak Tetap Berjuang untuk Si Doel 2
Rano Karno sebagai Doel bersama Aminah Cendrakasih sebagai Mak Nyak saat syuting Si Doel 2 di Studio Toha Ciputat, Selasa, 12 Desember 2018. (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Tangerang Selatan: Aktris senior Aminah Cendrakasih kembali memerankan Mak Nyak dalam film sekuel Si Doel the Movie 2, kendati kondisi tubuh membuat tidak bisa berjalan. Soal dialog, sutradara Rano Karno membiarkan Aminah tetap memakai bahasa Betawi dialek "kampung". 

Aminah, yang bulan depan akan berusia 81 tahun, sebetulnya sudah sangat sulit melihat. Sang cucu membantu membacakan naskah untuknya. Selain itu, Aminah juga sudah sulit bicara dengan bahasa Indonesia sehingga dia tetap memakai dialek Betawi khasnya. 

"Hari ini kami sudah hampir empat adegan (syuting bersama Aminah)," kata Rano saat jeda syuting hari pertama di Studio Toha Ciputat, Selasa, 12 Desember 2018.

"(Aminah) luar biasa. Fokus, konsentrasi, intonasi, aksentuasi itu luar biasa, tetapi ya memang saya tidak bisa hilangkan bahasa kampungnya. Saya biarkan Mak Nyak bahasa apa, yang penting maksudnya lo ngerti," tutur Rano. 

Dalam film kedua ini, adegan untuk tokoh Mak Nyak tak banyak, tetapi kalimat dialognya lebih panjang. Menurut Rano, dia tidak menuntut Aminah untuk hapal setiap kalimat, tetapi menuntut kualitas akting yang optimal karena adegannya melibatkan lebih banyak emosi. 

Karena tuntutan ini, sekaligus menghindari hambatan cuaca, lokasi syuting dipindahkan dari rumah asli di Lebak Bulus Jakarta ke Studio Toha Ciputat. Tim produksi membuat interior rumah Mak Nyak dan Doel sesuai aslinya. 

Aminah sendiri menerima tawaran peran ini karena selain sudah familiar dengan kisah Si Doel, dia juga sudah percaya dengan Rano Karno dan tim, yang dianggap sebagai saudara. 

"Kalau (syuting), ya paling-paling cuma Si Doel aja," kata Aminah kepada wartawan. "Kalau Si Doel biasa, sudah kayak saudara. Kalau sama yang lain, belum tentu mau. Aku sih enggak mau." 

Film ini melanjutkan kisah cinta segitiga Doel, Sarah, dan Zaenab dari film sebelumnya. Selain Aminah, sejumlah pemain lama akan kembali terlibat seperti Rano, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Mandra, Suti Karno, Adam Jagwani, dan Kasiman "Ahong". 

Rano sekaligus menjadi penulis naskah dan sutradara. Produksi dilakukan Falcon Pictures bersama Karnos Film. Rencananya syuting akan berlangsung dalam kurun waktu dua bulan hingga Februari dan kebanyakan berpusat di Indonesia. 

Si Doel the Movie 2 dijadwalkan rilis di bioskop pada awal Juni 2019.

 
(ASA)