Film Pendek Ruah Raih Penghargaan Special Mention di Festival Film Singapura

Purba Wirastama    •    04 Desember 2017 12:40 WIB
festival film
Film Pendek Ruah Raih Penghargaan <i>Special Mention</i>  di Festival Film Singapura
Film Pendek Ruah Raih Special Mention di Festival Film Singapura (sgiff.com)

Jakarta: Film pendek Ruah  atau The Malediction  garapan sutradara Makbul Mubarak meraih penghargaan Special Mention dalam ajang Singapore International Film Festival 2017. Film ini berkompetisi dengan 13 film pendek dari Asia Tenggara dalam program Silver Screen Awards.

Penghargaan utama diraih film Jodilerks Dela Cruz, Employee of the Month  garapan sutradara Carlo Fransisco Manatad. Dalam program kompetisi yang sama, film terbaik Singapura diraih oleh Between us Two  garapan Tan Wei Keong.

Ruah  mengikuti kisah Haji Halim, yang hidup kaya raya di kampung religius konservatif. Dia memutuskan untuk menikah lagi dengan seorang janda muda, walaupun istrinya menentang. Sang istri pun mengutuk dia.

Isu agama, poligami, tradisi, korupsi, dan ketidaksetaraan gender dalam film ini mendapat sorotan khusus dari dewan juri. Persoalan tersebut dianggap penting, relevan, serta dapat ditangkap dengan cara unik. Juri menilai Ruah  patut mendapat perhatian, meski tidak mendapat penghargaan utama.

Dewan juri terdiri atas tiga orang. Ada aktris Marsha Timothy dan sutradara K Rajagopal  asal Singapura. Ketua juri adalah Kenji Ishizaka, salah satu pengarah program di Tokyo International Film Festival.

Sebelumnya, Ruah  telah meraih Piala Citra 2017 dalam kategori Film Pendek Terbaik. Film ini juga diputar dalam program kompetisi Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2016.

SGIFF tahun ini juga memberi Honorary Award kepada Garin Nugroho atas kiprah sebagai seniman, guru, dan pemimpin komunitas. Garin dinilai telah memberi kontribusi yang luar biasa dan berkelanjutan terhadap sinema Asia.

Lalu juga ada Cinema Legend Award yang diberikan kepada aktor Jepang Koji Yakusho ats dedikasi panjangnya terhadap dunia akting. Koji telah bekerja di lebih dari 60 proyek film dengan sejumlah sutradara, seperti Kiyoshi Kurosawa dan Takashi Miike. Dia dikenal lewat film Memories of a Geisha  (2005) dan Babel  (2006).

Tahun ini merupakan gelaran SGIFF ke-28. Festival telah berlangsung pada 23 November hingga 3 Desember 2017.


(DEV)