Film Marlina Siap Tayang Perdana di Festival Film Cannes

Purba Wirastama    •    13 Mei 2017 09:58 WIB
festival film cannesfilm indonesia
Film Marlina Siap Tayang Perdana di Festival Film Cannes
Mouly Surya (Foto: youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak telah menyelesaikan tahap paska produksi di Paris. Film ketiga besutan Mouly Surya ini siap ditayangkan perdana pada 24 Mei 2017 dalam program Quinzaine des realisateurs (Directors' Fortnight) di Festival Film Cannes.

Fortnight adalah salah satu program paralel Cannes, yang digelar oleh asosiasi sutradara film Perancis untuk memperkenalkan talenta baru dalam sinema dunia, yang terwujud lewat film dengan berbagai jenis dan aliran. Karya dari Indonesia yang sebelumnya pernah masuk program ini adalah film pendek Kara, Anak Sebatang Pohon (2005) arahan Edwin.

"Kita akan mulai perjalanan baru (di Fortnight), yang saya harap bisa membuat (film) Marlina ditonton lebih luas. Cerita Marlina ini sangat penting, tentang (perlawanan) wanita Sumba. Saya harap teman-teman semua juga bisa menonton film ini secepatnya," kata Mouly dalam konferensi pers di Plaza Indonesia Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Secara garis besar, Marlina bercerita tentang Marlina (Marsha Timothy), seorang janda di Sumba yang tinggal sendiri di atas bukit. Suatu hari, sekawanan perampok datang dan menyerang. Marlina membela diri dan memenggal kepala bos perampok (Egy Fedly), lalu pergi membawa kepala tersebut ke kantor polisi.

Selain Marsha dan Egy, film ini juga melibatkan aktor Yoga Pratama (3 Doa 3 Cinta, 2008) dan pendatang baru Dea Panendra. Sebelumnya Marsha terlibat sebagai aktris di film Toba Dreams (2015) arahan Benni Setiawan. Sementara Egy di film Headshot (2016) arahan The Mo Brothers.

Proyek film Marlina dikerjakan sejak akhir 2014 hingga 2017. Naskah dikembangkan dalam kurun waktu dua tahun, berbarengan dengan persiapan pemain dan kru, peninjauan lokasi, serta pendanaan.

Pendanaan mencapai angka sekian miliar rupiah dan melibatkan sejumlah pihak dari beberapa negara. Ada dua kementerian Perancis lewat Cinemas du Monde dan pusat sinema CNC, Institut Francais, Kaninga Pictures, Sasha & Co. Production (Perancis), Astro Shaw (Malaysia), Hooq Originals (Singapura), dan Purin Pictures (Thailand).

Marlina akan ditayangkan selama tiga hari dalam program Fortnight 2017. Selain Marlina, ada 19 film panjang dan 10 film pendek yang ditayangkan selama 18-28 Mei. Setelah itu film dibawa ke beberapa kota lain di Perancis, Italia, Belgia, dan Swiss.

Fortnight pertama kali digelar pada 1969, tujuh tahun setelah program paralel serupa bernama La Semaine de la Critique (International Critic's Week). Banyak sutradara ternama merintis karir lewat program ini, antara lain Werner Herzog, George Lucas, Martin Scorsese, Jim Jarmush, Michael Haneke, Spike Lee, dan Sofia Coppola


(ELG)

Radhini, Awal Menuju Jalan Panjang

Radhini, Awal Menuju Jalan Panjang

20 hours Ago

Perempuan 29 tahun itu mengawali debut karier sebagai penyanyi solo melalui singel Cinta Terbes…

BERITA LAINNYA