Sutradara Bad Genius Terinspirasi Film Ocean's Eleven

Purba Wirastama    •    23 Agustus 2017 19:28 WIB
film asing
Sutradara Bad Genius Terinspirasi Film Ocean's Eleven
Nattawut 'Baz' Poonpiriya (Foto: metrotvnews/purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bad Genius merupakan film cerita tentang praktik menyontek di kalangan pelajar sekolah menengah, tetapi dikemas dalam tema perampokan. Sutradara Nattawut 'Baz' Poonpiriya mengaku bahwa dia mendapat cukup banyak pengaruh dari film thriller Ocean's Eleven (2001) garapan sutradara Steven Soderbergh.

"Aku sangat suka film seperti Ocean's Eleven. (Untuk film Bad Genius), ada (unsur) pencurian tetapi dikaitkan dengan cerita ujian (sekolah)," kata Baz lewat penerjemah dalam jumpa pers di bioskop Grand Indonesia Jakarta, belum lama ini.

"Film semacam ini belum terlalu banyak di Thailand dan aku berusaha membuat film ini dapat berkaitan dengan kultur yang ada di Thailand. Aku ingin film ini menjadi semacam Ocean's Eleven."

Ocean's Eleven adalah remake dari film Amerika berjudul sama (1960) garapan sutradara Lewis Milestone. Film thriller kriminal ini juga menyajikan cerita perampokan.

Danny Ocean (George Clooney) terobsesi dengan peluang. Dia merekrut 10 pencuri profesional untuk merampok tiga kasino terkenal di Las Vegas. Jika berhasil, mereka akan mendapat uang lebih dari USD150 juta, yang akan dibagi 11.

Sementara Bad Genius menyorot sekawanan pelajar SMA di Thailand yang menjalankan bisnis pencurian jawaban ujian STIC di Australia. Sebagian digerakkan motif ingin masuk kampus ternama. Sebagian lagi oleh nilai uang yang sangat besar.

Film ini mendepiksikan beragam masalah mengenai remaja, keputusan karier, serta sistem pendidikan formal tanpa menghakimi secara hitam putih. Baz sendiri menyebut bahwa dia memang masuk ke area abu-abu yang dialami remaja.

"Manusia berada di area abu-abu, bisa lebih tebal atau lebih tipis. Aku mengajukan satu pertanyaan dasar soal itu di film ini, berkaitan dengan kultur yang ada, khususnya anak remaja. Karena usia remaja adalah permulaan untuk perubahan hidup. Di film ini, aku ingin menyorot area abu-abu yang lebih kelam," ujar Baz.

Bad Genius adalah film kedua Baz sebagai penulis dan sutradara film panjang. Sebelumnya dia membuat film thriller Countdown (2012) yang meraih tiga penghargaan di ajang penghargaan lokal. Salah satunya skenario terbaik.

Film ini dibintangi oleh Chutimon Chuengcharoensukying, Eisaya Hosuwan (Siam Square), Teeradon Supapunpinyo, dan Chanon Santinatornkul (Love's Coming). Naskah ditulis oleh Baz bersama Tanida Hantaweewatana (serial Hormones) dan Vasudhorn Piyaromna.

Bad Genius telah ditayangkan di bioskop Indonesia sejak Rabu 23 Agustus 2017.

 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

1 day Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA