Film Pengabdi Setan Akan Ditayangkan dalam Format 4DX

Purba Wirastama    •    20 September 2017 19:08 WIB
film pengabdi setan
Film Pengabdi Setan Akan Ditayangkan dalam Format 4DX
Pengabdi Setan (dok Rapi Films)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Pengabdi Setan besutan Joko Anwar, selain diputar di bioskop reguler, juga akan tayang dalam format 4DX di sejumlah bioskop CGV. Film produksi Rapi Films dan CJ Entertainment ini disebut sebagai film Indonesia pertama yang dirilis dengan teknologi tersebut.

"Awalnya kami belum terpikir ke sana," kata produser Sunil Samtani saat ditemui usai press screening di bioskop Epicentrum XXI Jakarta, Rabu 20 September 2017.

"Karena memang CJ rekan kami (Rapi) juga di sini, mereka menyarankan, mengapa enggak bikin (versi) 4DX. Jadi (Pengabdi Setan) bukan (jadi) film horor pertama, tapi film Indonesia pertama dalam 4DX. Sampai sekarang belum pernah ada (film lain)," lanjut Sunil.

Secara garis besar, 4DX adalah teknologi penayangan film yang dimiliki dan dikembangkan oleh grup CJ untuk jaringan bioskop CGV. Ruang 4DX memberi sedikitnya lima efek tambahan saat menonton, yaitu gerakan, angin, air, cahaya, dan aroma. Penonton duduk di kursi yang khusus dirancang untuk memberikan sensasi tersebut sesuai perjalanan cerita film.

Menurut Sunil, distribusi format 4DX diputuskan setelah film selesai dibuat. Pihak CJ menonton dan menilai bahwa film ini sangat potensial untuk ditingkatkan ke format tersebut.

"Kami kirim semua DCP (digital cinema package) ke CGV. Mereka yang bikin semuanya jadi 4DX. Mereka lihat materinya bisa jadi 4DX. Menurut mereka, pasti seru pas kagetnya, tegangnya, ada angin. Itu bisa diatur oleh mereka," ujar Sunil.

Saat ini setidaknya sudah ada enam bioskop CGV di Indonesia yang menyediakan ruang tayang 4DX. Tiga bioskop di Jakarta dan tiga lain tersebar di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Pengabdi Setan akan dirilis di bioskop pada Kamis 28 September 2017.

 


(ELG)