Film Surat dari Praha Wakili Indonesia di Piala Oscar

Agustinus Shindu Alpito    •    24 September 2016 10:01 WIB
piala oscarsurat dari praha
Film Surat dari Praha Wakili Indonesia di Piala Oscar
Jumpa pers terpilihnya Surat Dari Praha wakili Indonesia di Oscar (Foto: dok. visinema pictures)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendapat penghargaan sekelas Piala Oscar tentu sebuah kebanggaan tersendiri, terlebih bagi sineas yang tidak berasal dari lingkungan Hollywood.

Ajang Academy Awards yang memperebutkan Piala Oscar selalu membuka ruang bagi sineas dari seluruh dunia untuk mendaftarkan film di kategori Film Berbahasa Asing (Foreign Language Film). Namun, untuk masuk ke dalam nominasi, apalagi keluar sebagai pemenang, bukan hal mudah.

Untuk Academy Awards ke-89 yang akan diselenggarakan pada 26 Februari 2017, Indonesia mendelegasikan film Surat dari Praha, untuk masuk ke dalam daftar seleksi kategori Film Berbahasa Asing.

Keputusan itu diambil oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI). Terpilihnya Surat dari Praha melalui proses seleksi, dilakukan tim seleksi yang terdiri dari 13 profesional di bidang perfilman.

"Penghargaan yang kemudian datang untuk film ini adalah buah dari kerja keras dan kepercayaan seluruh elemen seniman yang terlibat, dan satu hal penting yang saya pelajari dari mereka selama perjalanan ini; kejujuran dalam berkarya," jelas sutradara Surat dari Praha, Angga Dwimas Sasongko, dalam pernyataan sutradara yang diterima Metrotvnews.com.

Baca: Sutradara Jawab Tudingan Plagiat terhadap Surat dari Praha

"Setelah (mendapat penghargaan) Usmar Ismail Awards dan International Premiere di Jepang, lalu sekarang dipercaya mewakili Indonesia dalam seleksi Academy Awards untuk kategori Foreign Language Film adalah kebanggaan, kegembiraan, tapi juga beban. Beban untuk terus konsisten memandang film bukan hanya sebagai komoditi, tapi juga nilai seni yang penting untuk peradaban." tambahnya.



Surat dari Praha merupakan film drama yang terinspirasi dari kisah nyata kehidupan para eksil peristiwa 1965. Para pelajar yang diberangkatkan pemerintah masa Presiden Soekarno untuk studi di luar negeri, terpaksa kehilangan kewarganegaraan dan juga tidak dapat pulang ke Indonesia. Beberapa di antara mereka terkatung-katung tinggal di luar negeri tanpa status kewarganegaraan.

Surat dari Praha dibintangi oleh Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Widyawati, Rio Dewanto, dan Jajang C Noer.


 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA