Tantangan Besar dalam Syuting Film Lagi Lagi Ateng

Purba Wirastama    •    04 Desember 2018 07:00 WIB
Film Lagi Lagi Ateng
Tantangan Besar dalam Syuting Film Lagi Lagi Ateng
Augie berperan jadi dua tokoh sekaligus dalam film Lagi Lagi Ateng (Foto: 13 Entertainment)

Jakarta: Film drama komedi Lagi Lagi Ateng menampilkan dua tokoh kembar Ateng dan Agung yang diperankan satu aktor, yaitu Augie Fantinus. Menurut sutradara-penulis Monty Tiwa, situasi ini membuat proses produksi berjalan lebih rumit dan panjang.

"Membuat Augie jadi kembar, teknik syutingnya enggak bisa seperti selama ini kami syuting. Perlakuan di lapangan juga lebih khusus dan susah," terang Monty kepada Medcom.id dalam jumpa pers di Kemang, Senin, 3 Desember 2018.

"Misal sebuah adegan, kalau tanpa syuting (tokoh) kembar, itu mungkin satu jam kelar. Karena ada syuting kembar, itu satu adegan bisa 3,5 jam paling cepat – dan bukan sekadar lebih lama, tetapi kesulitan lebih tinggi dari sisi teknis dan aktornya, gimana dia harus menjaga emosi dan memerankan orang beda pada saat sama," lanjut Monty.

Karena situasi ini pula, nagian syuting terberat adalah adegan yang melibatkan kedua tokoh kembar bersama banyak tokoh pendukung. Mereka menghabiskan persiapan satu bulan dan produksi dua bulan di Jakarta dan Bali.

Lagi Lagi Ateng diadaptasi dari karakter Ateng dan Iskak dalam film-film komedi 1970-an yang diperankan oleh aktor bernama sama. Kisahnya mengikuti Ateng, putra bangsawan Salatiga yang suatu hari bertemu saudara kembarnya, Agung, yang telah lama terpisah.

Dari situ, muncul ide untuk bertukar tempat demi bertemu ayah atau ibu mereka yang juga terpisah dan belum pernah bertemu. Cemplon, asisten Agung yang diperankan Julie Estelle, punya ide lain untuk membuat reuni keluarga. 

Menurut Monty, Augie adalah aktor yang tepat untuk karakter Ateng dan Agung. Selain mampu mirip secara fisik dengan mendiang Ateng Suripto, Augie juga menunjukkan dedikasi tinggi dalam menggali pembawaan dan gerak gerik Ateng.

"Augie sudah melakukan pekerjaan rumah dengan intensif, dia sudah menggali dari istri almarhum Om Ateng, banyak ngobrol dengan Mas Agung (Suripto), lalu nonton semua film-filmnya lagi meskipun dia sudah tahu," tutur Monty.

"Saya juga lihat usaha Augie untuk adegan tertentu, kadang dua sampai tiga jam sebelum adegan, bisa ketawa, nangis sendiri, padahal enggak di set, tetapi mungkin dia sudah merasakan adegan yang akan dimainkan dua jam sebelumnya," imbuhnya.

Film ini menjadi debut akting Augie sebagai pemeran utama. Namun bagi Monty, kapasitas Augie sudah terasa sejak mereka bekerja sama dalam beberapa film sebelumnya, seperti Barbi3. Dalam film ini pun, Monty merasa semangat dan dedikasi tinggi dari Augie, yang saat ini masih menjadi tahanan Polda Metro Jaya karena kasus pencemaran nama baik.

"Kalau bukan Augie, saya pesimis (film Lagi Lagi Ateng) bisa sebagus sekarang," tukas Monty.

Lagi Lagi Ateng dijadwalkan rilis di bioskop domestik pada 10 Januari 2019.



 
(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA